Kemenpora Harap Festival Pemuda Indonesia 2023 Jadi Ajang Membangun Persatuan dan Kebugaran Pemuda Indonesia

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap, Festival Pemuda Indonesia 2023 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 menjadi ajang untuk menjaga persatuan, kesatuan serta membangun kebugaran diantara pemuda dalam lingkup organisasi kepemudaan dan kepramukaan.

Kemenpora Harap Festival Pemuda Indonesia 2023 Jadi Ajang Membangun Persatuan dan Kebugaran Pemuda Indonesia Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap, Festival Pemuda Indonesia 2023 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 menjadi ajang untuk menjaga persatuan, kesatuan serta membangun kebugaran diantara pemuda dalam lingkup organisasi kepemudaan dan kepramukaan.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap, Festival Pemuda Indonesia 2023 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 menjadi ajang untuk menjaga persatuan, kesatuan serta membangun kebugaran diantara pemuda dalam lingkup organisasi kepemudaan dan kepramukaan.

Hal itu disampaikan oleh Plh. Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Marheni Dyah Kusumawati, saat membuka acara technical meeting Festival Pemuda Indonesia 2023 di Auditorium Wisma Menpora Senayan, Jakarta, Kamis (5/10).

"Festival Pemuda Indonesia adalah ruang untuk membangun kesatuan dan persatuan diantara organisasi kepemudaan. Nanti pada waktu olahraga kami harap tetap junjung tinggi sportivitas," kata Marheni pada sambutannya didampingi Rinilda selaku Penanggungjawab di Asdep Oranisasi Kepemudaan dan Kepramukaan. 

Festival Pemuda Indonesia ini lanjutnya, merupakan kesempatan dan ruang kreasi yang diberikan oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda melalui Asdep Organisasi Kepemudaan untuk organisasi kepemudaan berkiprah, berkreasi dan berekspresi di bidang olahraga.

"Tujuan utama dari Festival Pemuda Indonesia ini adalah bukan menang kalahnya tetapi membangun kebersamaan, silaturahmi, kegembiraan serta membangun kesehatan dan kebugaran untuk pemuda Indonesia," urainya.

"Karena organisasi kepemudaan adalah bentengnya Indonesia, maju mundurnya bangsa ini ada di tangan para pemudanya. Festival Pemuda Indonesia diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan sebagai ajang untuk menunjukkan bahwa organisasi kepemudaan di Indonesia solid serta menjunjung tinggi sportivitas sehingga program serupa dapat berlanjut dan dilaksanakan kembali di tahun tahun mendatang," paparnya.

Festival Pemuda Indonesia 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 Oktober 2023. Bertempat di Kantor Kemenpora RI Senayan, Jakarta. Cabang olahraga dan seni budaya yang dipertandingkan yakni footsal, badminton, tarik tambang, hadang dan bentengan. Diikuti organisasi kepemudaan dan kepramukaan.

"Tujuan lainnya dari Festival Pemuda Indonesia 2023 adalah meningkatkan Indeks Prestasi Pemuda (IPP) dan membangun semangat kolaborasi antar organisasi kepemudaan yang bersinergi dengan Kemenpora," kata 
Ketua Panitia Pelaksanaan Festival Pemuda Indonesia Azzura. 

Selain pertandingan cabang olahraga (10-13 Oktober), sehari setelahnya akan ada talk show serta tanggal 15 Oktober adalah puncak acara sekaligus penutupan Festival Pemuda Indonesia 2023. 

"Di puncak acara tanggal 15 Oktober itu akan ada festival UMKM, games, serta ditutup dengan hiburan oleh musisi tanah air seperti The Rain, Sisitipsi serta Hura Hura Club dan sebagainya," pungkas Azzura. (ben)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN