Wujudkan Masyarakat Indonesia Bugar, Menpora Amali Senam Hari Krida Bareng Kementerian/Lembaga dan Inorga

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengikuti senam bersama Hari Krida dengan Forum Sekretaris Kementerian, Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri, Ikatan PIMTI Perempuan Indonesia, dan juga sejumlah induk organisasi olahraga (Inorga) di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2).

Wujudkan Masyarakat Indonesia Bugar, Menpora Amali Senam Hari Krida Bareng Kementerian/Lembaga dan Inorga Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengikuti senam bersama Hari Krida dengan Forum Sekretaris Kementerian, Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri, Ikatan PIMTI Perempuan Indonesia, dan juga sejumlah induk organisasi olahraga (Inorga) di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2). (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengikuti senam bersama Hari Krida dengan Forum Sekretaris Kementerian, Forum Komunikasi Staf Ahli Menteri, Ikatan PIMTI Perempuan Indonesia, dan juga sejumlah induk organisasi olahraga (Inorga) di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2). 

Gerakan senam ini dipandu oleh instruktur Lody Lontoh dan Tyana Dewi. Sekitar 500-an orang yang hadir tampak begitu antusias dan semangat mengikuti setiap gerakan senam. Kegiatan ini semakin semarak karena adanya doorprize. 

Selain senam, juga dilakukan jalan sehat bersama. Jalan sehat ini dilepas oleh Sesmenpora Gunawan Suswantoro. Rutenya yakni mulai dari kantor Kemenpora, lalu menuju kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), dan kemudian kembali ke titik awal. 

Jalan sehat ini ditempuh sekitar 3 kilometer. Tentu dua kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk mengajak masyarakat berolahraga demi mencapai cita-cita Indonesia Bugar 2045.

"Senam Krida yang dilakukan Kemenpora ini rutin dilaksanakan setiap Jumat. Aktif kembali sejak 2020 sampai sekarang. Ini penting kami lakukan untuk mengajak seluruh masyarakat terus berolahraga. Berolahraga menjaga kebugaran," kata Menpora Amali.

Menpora Amali menilai senam dan jalan sehat ini penting dilakukan. Selain menjaga silaturahmi, tentu juga menjaga kesehatan. Diharap kegiatan ini rutin dilakukan. 

"Jadi tolong diaktifkan kembali Jumat Krida ini disetiap kementerian/lembaga. Kalau butuh instruktur senam, kami akan fasilitasi. Saya setuju forum seperti ini dilakukan karena lebih cair sambil berolahraga. Kalau diforum rapat itu kan sudag biasa, jadi sesekali dirubah seperti ini," terang Menpora Amali.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan tantangan bangsa Indonesia salah satunya soal kebugaran. Menpora Amali mengungkapkan ada satu penelitian yang dilakukan pada salah satu daerah. 

"Ada sekitar dua ribu siswa yang diteliti, namun hanya lima yang bugar. Jadi kebugaran ini penting. Dalam Desain Besar Olahraga Nasional, hulunya adalah kebugaran dan hilir adalah prestasi," sebut Menpora Amali. 

Secara umum, Menpora Amali menilai dari para ahli, tingkat kebugaran masyarakat Indonesia terbilang rendah. Dari uji ukur sederhan, rata-rata masyarakat dalam sehari hanya menempuh 3.500 langkah bahkan kurang. 

"Padahal untuk mencapai kebugaran yang ideal, minimum setiap hari adalah tujuh ribu langkah. Untuk itu kami berharap masyarakat Indonesia untuk menjaga kebugaran, salah satu yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Dengan kebugaran maka kita bisa membangun sumber daya manusia yang tangguh," jelas Menpora Amali.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN