Dulang Dua Emas Para-Tenis Meja Peparnas XVII, Dina Rulina Ingin Jadi Inspirasi bagi Masyarakat

Atlet Jawa Barat (Jabar) Dina Rulina menjadi yang terbaik dalam cabang olahraga (cabor) para-tenis meja nomor tunggal putri nasional kelas 8 di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo, Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Dulang Dua Emas Para-Tenis Meja Peparnas XVII, Dina Rulina Ingin Jadi Inspirasi bagi Masyarakat Atlet Jawa Barat (Jabar) Dina Rulina menjadi yang terbaik dalam cabang olahraga (cabor) para-tenis meja nomor tunggal putri nasional kelas 8 di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo, Jawa Tengah (Jateng) 2024.(foto:andre/kemenpora.go.id)

Sukoharjo: Atlet Jawa Barat (Jabar) Dina Rulina menjadi yang terbaik dalam cabang olahraga (cabor) para-tenis meja nomor tunggal putri nasional kelas 8 di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo, Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Pada final yang berlangsung di Gelanggang Olahraga (Gor) Bung Karno, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (9/10) sore, Dina unggul atas atlet tuan rumah Martin Nasichatun dengan skor akhir 3-2. Menariknya, ibu dua anak ini sempat tertinggal 0-2 sebelum akhirnya mampu membalikkan keadaan dan memastikan emas di genggaman.

“Saya sempat grogi karena lawan saya memang yang terbaik di Jawa Tengah. Bolanya juga agak susah,” kenang Dina.

“Alhamdulillah dukungan dari pelatih terus memberikan motivasi, memberikan arahannya. Saya mencoba lebih tenang dan mengingat kembali selama latihan di Bandung bagaimana menghadapi permainan seperti itu,” sambungnya.

Dalam persiapan menuju Peparnas, Dina memang mengikuti pemusatan latihan daerah (pelatda) di mana para atlet berkumpul di Bandung. Selama sekira setahun, dirinya bersama para atlet Jabar lainnya mempersiapkan fisik dan mental demi menghadapi Peparnas ini. 

“Kami berlatih setiap hari secara intensif dengan pelatih-pelatih yang ada di Jawa Barat,” ujarnya. 

Dijelaskan, Peparnas XVII ini bukan kali pertama yang diikuti Dina. Malahan atlet asal Kota Bogor ini sudah berkecimpung dalam event paralimpiade terbesar di Indonesia ini sejak edisi 2004 di Palembang pada cabor para-atletik. 

Beberapa cabor pernah dijalaninya sejak itu, namun Peparnas XVII merupakan kali pertama dirinya terjun ke para-tenis meja. Itu pun dirinya sudah ditargetkan mendapatkan dua medali emas yang pada akhirnya mampu dia wujudkan, dengan emas pertamanya diraih dari nomor ganda putri nasional kelas 20, Senin (7/10).

“Masyaallah, luar biasa, alhamdulillah. Ini pertama kali saya di cabor tenis meja, alhamdulillah saya dapat emas di ganda putri juga di tunggal kelas 8,” ujar Dina.

Merupakan keikutsertaan perdananya dalam cabor para-tenis meja di Peparnas, perempuan 50 tahun ini mengaku sempat tak yakin bisa membawa pulang emas. Sekalipun dirinya memiliki dasar para-tenis meja yang mesti dipertajam lagi, lawan-lawannya di sepanjang penyelenggaraan cabor ini bukanlah lawan yang mudah.

“Saya juga tidak tahu seperti apa lawan yang saya hadapi nanti. Saya berpikir lawan-lawannya pasti berat-berat, jadi antara iya dan tidak menyangka bisa mendapatkan emas. Tetapi ada keyakinan saya bisa meraih emas,” kata Dina yang pernah ikut menjajal cabor balap kursi roda, tenis lapangan, hingga voli duduk ini.

Dirinya pun bersyukur target yang dipercayakan mampu dipenuhi. Emas ini dipersembahkan kepada dirinya sendiri, keluarga, dan tentunya Jawa Barat yang diharapkan bisa menjadi juara umum.

Potensi tambahan emas untuk Dina sendiri masih ada pada nomor tunggal putri elite yang akan dipertandingkan Kamis (10/10) besok. Meskipun dia mengaku tidak menargetkan bisa meraih medali menyadari lawan yang akan dihadapi.

Ke depan Dina berharap bisa terus diberikan kesehatan dan kesempatan untuk bisa berolahraga, mengembangkan diri dan juga bisa bisa menjadi motivasi buat teman-teman penyandang disabilitas lainnya, serta masyarakat yang ingin menjadi atlet. 

“Bukan hanya ingin menjadi atlet, tetapi orang melihat saya menjadi termotivasi ingin maju dalam segala hal, tidak hanya olahraga saja,” ucapnya.

“Harus jadi diri sendiri, motivasi dari diri sendiri, berjuang, semuanya diusahakan dari diri sendiri. Kita harus yakin, harus tekad yang bulat, karena keyakinan kita terus berlatih, dan insyaallah kita bisa,” tegas Dina yang pernah berlaga di ASEAN Para Games dan Asian Para Games ini.

Adapun kelas 8 adalah klasifikasi untuk atlet yang memiliki kelemahan pada kaki kiri atau kanan dan memakai alat bantu berjalan dikarenakan kaki lemah atau lumpuh, tetapi bukan mati rasa, dengan tingkat keterbatasan sedang. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN