KSP Luncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional, Kemenpora Jadi Koordinator Bidang Keolahragaan

Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) telah diluncurkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) sebagai koordinator bidang olahraga pada DBMTN sebagai kebijakan terobosan menuju Indonesia Emas 2045.

KSP Luncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional, Kemenpora Jadi Koordinator Bidang Keolahragaan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) telah diluncurkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) sebagai koordinator bidang olahraga pada DBMTN sebagai kebijakan terobosan menuju Indonesia Emas 2045. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) telah diluncurkan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) sebagai koordinator bidang olahraga pada DBMTN sebagai kebijakan terobosan menuju Indonesia Emas 2045.  

"Saya senang dan berterima kasih kepada seluruh jajaran yang terlibat, seperti Menteri Bappenas, BRIN, Kemendikbud serta Kemenpora yang akhirnya bisa membuat karya besar ini," kata KSP Moeldoko pada sambutannya di Ballroom Carolina Astor, St. Regis, Rasuna Said, Jakarta, Rabu (9/10) siang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menetapkan Peraturan Presiden Nomor 108 Tahun 2024 tentang Desain Besar Manajemen Talenta Nasional (DBMTN) pada 30 September 2024.

Moeldoko menyampaikan, awal mula inisiatif hingga terbitnya Perpres DBMTN untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang bertalenta, unggul secara global.

"Awal mulanya adalah saat saya menjadi Panglima, saya ada kunjungan ke Cina dan berdiskusi dengan salah satu staf Presiden Xi Jinping, diantaranya mengatakan bahwa di Cina ada National Talent Strategic. Jadi di Cina itu memang sudah mengumpulkan orang-orang yang memiliki talenta unggul dan dikelola oleh negara," urainya.

MTN adalah sebuah wadah yang menghimpun bagi para anak-anak Indonesia yang memiliki talenta unggul di bidang riset dan inovasi, bidang olahraga, serta di bidang seni dan budaya. 

Sebagai koordinator utama adalah Menteri Bappenas, koordinator bidang riset dan inovasi adalah BRIN, koordinator bidang seni dan budaya adalah Kemendiknas dan koordinator bidang olahraga adalah Kemenpora. 

"Saat saya menjadi Staf Presiden, saya sampaikan kepada Presiden bahwa di Cina ada National Talent Strategic dan beliau setuju di Indonesia juga memiliki hal yang sama. Kemudian, singkatnya seluruh k/l terkait terlibat. Presiden senang dan bangga karena Perpres 108 Tahun 2024 tentang DBMTN bisa terbit diujung pemerintahan beliau," imbuhnya.

"Selamat kepada semuanya atas peluncuran ini," pungkas KSP Moeldoko.

Sesmenpora Gunawan Suswantoro menyampaikan, pihaknya patut bersyukur karena Perpres tentang Manajemen Talenta Nasional akhirnya telah terbit. Menurutnya, Perpres ini adalah yang ditunggu-tunggu.

"Ini adalah sebagai wadah yang nantinya akan terintegrasi seluruhnya baik di bidang seni dan budaya, bidang riset dan bidang olahraga," ujar Sesmenpora mewakili Menpora Dito. 

"Talen scouting kita juga telah menemukan dimana anak-anak lulusan SD ternyata ada yang memiliki tinggi hingga 180 cm kita juga sudah mendapatkan setidaknya 2.500 anak SD yang memiliki tinggi serupa dan mereka calon-calon talenta di bidang olahraga, sehingga kedepan kita harap mereka bisa menjadi atlet terbaik tingkat dunia," imbuh Sesmenpora. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN