Menpora Dito Kenakan Baju Adat Bali, Keberagaman Nusantara Ditampilkan Pegawai Kemenpora Pada Upacara HUT ke-78 RI

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memakai busana adat Provinsi Bali saat menjadi Pembina Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Halaman Kantor Kemenpora, Kamis (17/8) pagi.

Menpora Dito Kenakan Baju Adat Bali, Keberagaman Nusantara Ditampilkan Pegawai Kemenpora Pada Upacara HUT ke-78 RI Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memakai busana adat Provinsi Bali saat menjadi Pembina Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Halaman Kantor Kemenpora, Kamis (17/8) pagi.(foto:yayan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memakai busana adat Provinsi Bali saat menjadi Pembina Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Halaman Kantor Kemenpora, Kamis (17/8) pagi.

"Ini baju dari Bali," kata Menpora Dito usai jadi Pembina Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Baju adat Bali yang digunakan Menpota Dito  terdiri dari ikat kepala atau penutup kepala khas Bali yang disebut Udeng. Sedangkan baju yang dipakainya adalah baju safari bernuansa putih dengan bawahan Kamen dengan paduan Saput Songket. 

Ia pun mengatakan alasan dirinya mengunakan baju adat Bali. "Secara khusus, bahwa Bali identik dengan dunia internasional. Pulau Bali adalah destinasi tempat wisata di Indonesia yang sudah dikenal dunia," ucapnya.

Bukan saja Menpora Dito, peserta upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI juga memakai pakaian adat nusantara. Upacara ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenpora.

"Secara umum, baju adat menunjukkan bahwa kekayaan Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa seperti, adat, bahasa dan sebagainya yang disatukan dalam wadah NKRI," tambanya.

Disampaikan Menpora Dito bahwa, Indonesia lahir dari keberagaman adat dan budaya. Seperti yang tercermin dalam semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.  

"Tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 adalah 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'. Dan ini artinya bahwa Kemenpora dengan semangat kemerdekaan yang sudah ada dan dengan pondasi yang sudah kita miliki tetap harus melaju kencang," ujarnya.

"Namun tetap terarah karena sesuai dengan apa yang Bapak Presiden Joko Widodo sampaikan bahwa kita ini harus bisa marathon. Dan ini sesuai dengan Kemenpora dimana sangat identik dengan maraton," sambungnya. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN