Menpora Dito Hadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Bersama Presiden di TMPN Kalibata

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Kamis (17/8) dini hari, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta. Upacara tersebut dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB.

Menpora Dito Hadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Bersama Presiden di TMPN Kalibata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Kamis (17/8) dini hari, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta. Upacara tersebut dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Kamis (17/8) dini hari, di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Jakarta. Upacara  tersebut dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB. 

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlebih dahulu melakukan penghormatan di gerbang TMP Kalibata. Setelahnya, Presiden Joko Widodo
selaku inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci.

"Apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan ke-78 RI. Kami yang hadir hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 pukul 00.00 WIB, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam ini," ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo memberikan  penghormatan tertinggi kepada 10.304 pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk membela tanah air. Para pahlawan itu terdiri dari 9.276 pahlawan dari TNI-Polri, 913 pahlawan dari Badan Perjuangan, 72 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tak dikenal yang bersemayam di TMP Kalibata.

Presiden Joko Widodo juga memberikan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang tak dikenal, baik nama maupun tempatnya, yang tersebar di seluruh Tanah Air. Presiden Joko Widodo mendoakan, agar jiwa para pahlawan yang telah gugur diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Presiden Joko Widodo.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” sambungnya.

Upacara dan renungan suci ini dilanjutkan dengan doa bersama yang dipandu oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN