Program MSIB Banyak Diminati, Menpora Dito Sebut Upaya Memperkuat SDM Anak Muda

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menghadiri Courtesy Call Peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang dirangkai Launching Bulan Pemuda, Kamis (3/10) pagi di Auditorium Wisma Graha Kemenpora.

Program MSIB Banyak Diminati, Menpora Dito Sebut Upaya Memperkuat SDM Anak Muda Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menghadiri Courtesy Call Peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang dirangkai Launching Bulan Pemuda, Kamis (3/10) pagi di Auditorium Wisma Graha Kemenpora.(foto:andre/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menghadiri Courtesy Call Peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang dirangkai Launching Bulan Pemuda, Kamis (3/10) pagi di Auditorium Wisma Graha Kemenpora.

Kata Menpora, MSIB merupakan salah satu program Kemenpora dalam memperkuat sumber daya manusia (SDM) anak muda Indonesia. Dengan bekerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), MSIB memberikan kesempatan kepada para mahasiswa mendapatkan kesempatan bekerja sebelum lulus kuliah.

“Ini merupakan program Kemenpora yang antusias peminatnya sangat tinggi. Karena anak-anak mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan bekerja, khususnya di industri olahraga,” jelas Menpora Dito.

Disampaikan, dalam proses magang ini, Kemenpora banyak bekerja sama dengan dunia olahraga meliputi klub-klub sepak bola Liga 1, klub-klub bola basket di IBL, bola voli, federasi olahraga, serta industri olahraga.

Selain industri olahraga, dalam MSIB ini Kemenpora juga menggandeng berbagai perusahaan teknologi digital. Tujuannya untuk mengasah jiwa entrepreneur para mahasiswa. Selepas mengikuti kerja praktik MSIB selama enam bulan, para mahasiswa bisa mendapatkan 20 satuan kredit semester (sks).

“Inilah bagaimana kita menyiapkan anak-anak muda kita sebelum lulus sudah memiliki critical thinking dan kemampuan lapangan yang baik,” urai Menpora Dito.

Lebih lanjut Menpora menyatakan, selepas lulus kuliah nanti, para mahasiswa di sektor olahraga bisa mengajukan beasiswa ke jenjang S2. Yaitu melalui program beasiswa bidang keolahragaan kerja sama Kemenpora dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang belum lama ini diluncurkan.

“Semoga ini bisa memperkuat SDM anak muda kita ke depan dalam menghadapi tantangan-tantangan global yang pastinya nanti akan lebih banyak lagi,” tegas Menpora Dito.

Diketahui, sebanyak 106 mahasiswa terpilih untuk mengikuti MSIB angkatan ketujuh. Terdapat tiga program Kemenpora yang dikombinasikan dengan MSIB dari Kemendikbud Ristek ini meliputi Muda Berkre(a)ksi, Sport Management School (Smash), dan WiraMuda Academy. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN