Kemenpora Tunjuk DKI Jakarta dan Kaltim Tuan Rumah Kegiatan Internasional OIC-CA 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) telah menunjuk DKI Jakarta dan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah kegiatan Internasional Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OIC-CA) 2023.

Kemenpora Tunjuk DKI Jakarta dan Kaltim Tuan Rumah Kegiatan Internasional OIC-CA 2023 Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) telah menunjuk DKI Jakarta dan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah kegiatan Internasional Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OIC-CA) 2023.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) telah menunjuk DKI Jakarta dan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah kegiatan Internasional  Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OIC-CA) 2023. 

Acara yang dijadwalkan berlangsung pada 7-14 Juli akan diikuti oleh 56 delegasi negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), termasuk Indonesia.

Dalam rangka mensukseskan acara tersebut, Kemenpora kembali mengelar Rapat Koordinasi Lintas Kementerian, Lembaga, dan  Stakeholder Organization Of Islamic Cooperation Culture Activity 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Senin (19/6) pagi.

Rakor yang mengangkat  tema Embracing Diversity and Advancing Harmony for the Brighter Future Society dibuka langsung oleh Sesmenpora Gunawan Suswantoro.

"Pertemuan hari ini dimaksudkan guna melakukan koordinasi terkait persiapan pelaksanaan kegiatan OIC-CA 2023 dengan melibatkan perwakilan dari Kementerian, Lembaga serta Stakeholder terkait," ucap Sesmenpora dalam arahannya.

"Saya percaya rakor hari ini akan mendapatkan progres yang lebih signifikan,  karena, sebelumnya kita juga sudah melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait,"  tambahnya.

Sesmenpora berharap semua pihak memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan OIC-CA 2023, sehingga penyelenggaraan kegiatan internasional tersebut bisa berjalan lancar dan sukses. "Kita ingin kegiatan ini bisa berjalan sukses," kata Sesmenpora 

Pada kesempatan tersebut Sesmenpora mempersilahkan perwakilan dari kementerian, lembaga serta stakeholder yang hadir untuk menyampaikan tanggapan dan potensi dukungan yang dapat diberikan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah memaparkan rangkaian kegiatan serta identifikasi potensi dukungan dari 18 Kementerian dan Lembaga yang kiranya akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan OIC-CA 2023 

"Kegiatan OIC-CA 2023 adalah acara sebuah momentum penting yang direncanakan berlangsung di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur, Indonesia," ujarnya.

"Dalam penyelenggaraanya, kegiatan tersebut akan menampilkan keragaman budaya yang menjadi ciri negara Muslim terbesar di dunia. Kegiatan OIC-CA 2023 yang akan dilaksanakan selama 7 hari mencakup beragam kegiatan budaya yang mewakili ragam budaya negara-negara Islam dan kekayaan warisan Indonesia," sambungannya.

Menurutnya, menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan kegiatan OIC-CA di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur memberikan kesempatan untuk memamerkan aset budaya dan pariwisata dari kedua provinsi serta mempromosikan kerja sama budaya yang lebih besar di antara Negara-Negara Anggota OKI.

"Pada pelaksanaannya, kegiatan ini akan diisi oleh aktivitas-aktivitas Intelektual (seminar, diskusi panel, simulasi sidang OKI), Budaya (partisipasi pada Tenggarong International Folk and Art Festival, Kaltim Festival) serta Wisata (kunjungan ke sejumlah sentra wisata yang berada di Jakarta dan Kalimantan Timur)," jelasnya.(rep)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN