Hadiri Inspire Youth Expo 2022, Menpora Amali Apresiasi Kreatifitas Pemuda Jateng Bergiat di Industri Olahraga

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri acara Inspire Youth Expo 2022 yang digelar di Area Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/7). Menpora Amali juga mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri olahraga yang meramaikan acara Asean Para Games Solo 2022.

Hadiri Inspire Youth Expo 2022, Menpora Amali Apresiasi Kreatifitas Pemuda Jateng Bergiat di Industri Olahraga Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri acara Inspire Youth Expo 2022 yang digelar di Area Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/7). Disela-sela acara ini, Menpora Amali juga mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri olahraga yang meramaikan acara Asean Para Games Solo 2022. (foto: putra/kemenpora.go.id)

Solo: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri acara Inspire Youth Expo 2022 yang digelar di Area Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/7). Menpora Amali juga mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang industri olahraga yang meramaikan acara Asean Para Games Solo 2022. 

Menpora Amali  sempat mengelilingi satu per satu stand sport industry exhibition yang memamerkan sejumlah kreatitas pemuda Jawa Tengah. Bahkan Menpora Amali berbincang-bincang dengan para pelaku usaha tersebut.

Dalam sambutannya pada acara Inspire Youth Expo 2022, Menpora Amali mengapresiasi kolaborasi antara Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Jawa Tengah yang menggelar side event berupa pameran disela-sela event utama Asean Para Games Solo 2022.

“Saya pikir ini merupakan hal yang sangat baik buat kita kerjakan bersama-sama dalam rangkaian pelaksanaan Asean Para Games yang tadi malam kita sudah saksikan pembukaannya di Stadion Manahan. Ini juga tidak lupa menghadirkan kreatifitas para pemuda, para pegiat industri di olahraga,” ujar Menpora Amali.

Menurutnya, dengan adanya pameran kreatifitas pemuda di industry olahraga dan beberapa UMKM yang merupakan binaan dari Kemenpora, masyarakat yang datang untuk nonton pertandingan para atletik di Stadion Manahan, juga disuguhi pameran dan berbagai macam jenis keratifitas pemuda di Jwa Tengah.

“Mudah-mudahan ini jadi ajang untuk menampilkan karya-karya terbaik dari anak-anak muda kita. Karena sebagaimana salah program prioritas kami di Kemenpora adalah mendorong para pemuda kita menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta tentunya punya keempuan untuk berwirausaha,” ucapnya.

Terlebih saat ini, Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang berada dalam bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak daripada yang tidak produktif.

“Maka-anak muda yang usianya produktif ini harus benar-benar sadar dengan posisi itu dan kita dorong supaya mereka bisa kreatif dan inovatif. Sehingga bisa mandiri, sebab kalau tidak mereka akan tergantung pada orang lain,” ujarnya.

Menpora Amali pun meminta para pemuda untuk menjadikan para atlet difabel sebagai inspirasi, yang menujukan kemandirian bahkan mengharumkan nama bangsa dengan prestasi.

“Kita tentu terinspirasi dengan saudara-saudara kita yang difabel, mereka bisa menunjukkan kemandiriannya dan bahkan bisa membanggakan bangsa, nama Indonesia di ajang internasional. Jadi selamat untuk pameran ini,” pungkas Menpora Amali.

Acara ini juga dihadiri Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti, Sesdep Pengembangan Pemuda Kemenpora, Amar Ahmad, Asdep Olahraga Prestasi Kemenpora Surono dan Staf Ahli Kemenpora Syamsudin(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN