Dukung Aquabike Jetski World Championship 2023, Menpora Dito Sebut Pemerintah Komitmen Kembangkan Sport Tourism

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri konferensi pers Penyelenggaraan Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di ruang rapat lantai 2, Kemenko Marvest, Selasa (31/10). Aquabike World Championship 2023 akan berlangsung dari tanggal 22-26 November 2023.

Dukung Aquabike Jetski World Championship 2023, Menpora Dito Sebut Pemerintah Komitmen Kembangkan Sport Tourism Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri konferensi pers Penyelenggaraan Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di ruang rapat lantai 2, Kemenko Marvest, Selasa (31/10). Aquabike World Championship 2023 akan berlangsung dari tanggal 22-26 November 2023.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

akarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri konferensi pers Penyelenggaraan Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di ruang rapat lantai 2, Kemenko Marvest, Selasa (31/10). Aquabike World Championship 2023 akan berlangsung dari tanggal  22-26 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Dito menyampaikan bahwa, dirinya berkoordinasi dengan Menparekraf terkait penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023-2027. "Tadi siang saya baru menghadap Menteri Kemenparekraf/Baparekraf Sandiaga Uno untuk berdiskusi terkait aquabike ini," ujar Menpora Dito.

Menpora Dito menyampaikan pemerintah sangat berkomitmen dalam mengembangkan sport tourism dan sport entertainment guna menggerakkan roda perekonomian nasional.

"Kalau mengacu pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) maka kegiatan ini upaya untuk  membangkitkan sport tourism dan sport entertainment yang menjadi instrumen penting di dalam peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menpora Dito juga menargetkan Indonesia bisa memiliki tim sendiri untuk mengikuti ajang Aquabike Jetski World Championship secara penuh. 

"Sebab, Indonesia memiliki kontrak sebagai tuan rumah kegiatan selama lima tahun ke depan atau hingga 2027 yang harus dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi pembalap," jelasnya.

"Jadi peluangnya sangat besar, sehingga pemerintah terus mendorong dan mengambil bagian serta kolaborasi kerja sama dengan berbagai sektor baik di dalam dan luar negeri. Kami yakin acara ini akan mengulang kesuksesan F1 Powerboat,” tambahnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono, menuturkan ini merupakan kali pertamanya Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Jetski sepanjang sejarah. Dari kegiatan ini, ditargetkan bisa menggerakkan roda ekonomi sebesar Rp 2 triliun.

"Ekonomi impact-nya kalau kegiatan sebelumnya Rp 1,7 triliun kami menargetkan bisa lebih dari itu. Harapan kami bisa mencapai Rp 2 triliun tapi juga proporsi lokalnya akan diperbesar karena ini meliputi empat kabupaten,” kata Maya.

Di akhir acara Menpora Dito menyaksikan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria dengan empat Kepala Dinas Pemerintah Sumatera Utara.

Empat Kepala Dinas ini adalah Kepala Dinas Pemerintah Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dairi. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN