Prawira Bandung Berhasil Kalahkan Pelita Jaya 74-65 di Game 1 Final IBL 2023

Tim basket Prawira Harum Bandung sukses meraih kemenangan di Game 1 Final IBL 2023 melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta 74-65 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7) malam.

Prawira Bandung Berhasil Kalahkan Pelita Jaya 74-65 di Game 1 Final IBL 2023 Tim basket Prawira Harum Bandung sukses meraih kemenangan di Game 1 Final IBL 2023 melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta 74-65 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7) malam. (foto:yayan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Tim basket Prawira Harum Bandung sukses meraih kemenangan di Game 1 Final IBL 2023 melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta 74-65 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (20/7) malam.  

Dengan hasil ini, Prawira Bandung sementara unggul 1-0 atas Pelita Jaya pada Final IBL 2023. Kedua tim bertarung sengit sejak awal pertandingan. Skor imbang terus terjadi hingga mencapai angka 7-7.

Pelita Jaya mulai menjauh dengan keunggulan 10-8 lewat tembakan tiga angka Andakara Prastawa Dhyaksa. Aksi jump shot dari Agassi Goantara pun terus membawa tuan rumah unggul 14-12. Tembakan tiga angka sumbangan Yesaya Alessandro Saudale dan dua poin dari Hendrick Xavi Yonga membuat sang juara bertahan memperlebar keunggulan menjadi 19-13. 

Namun, Prawira Bandung sempat memangkas jarak menjadi 16-19 di akhir kuarter pertama lewat tiga poin Jarred Dwayne Shaw.

Di awal kuarter kedua, tembakan tiga angka Hans Abraham membuat Prawira Bandung menyamakan skor menjadi 19-19. Namun Pelita Jaya berhasil menjauh lagi dengan keunggulan 31-26 setelah menampilkan pertahanan yang sangat solid serta variasi serangan yang ciamik.

Namun, berkat aksi gemilang Brandon Francis dan Jarred Shaw tim tamu berhasil menyamakan skor lagi di angka 31-31. Bahkan, mereka sukses berbalik unggul 33-36 berkat performa apik dari Jarred Shaw.

Pertandingan berjalan dalam tempo yang semakin cepat di kuarter ketiga. Kedua tim terus kejar-kejaran angka dengan menampilkan serangan dan juga pertahanan yang luar biasa hingga mencapai skor 47-47.

Selepas itu, Prawira Bandung bermain lebih efektif dan sukses menjauh dengan keunggulan 55-50 berkat serangan back door apik dari Fernando Fransco Manansang. Tembakan tiga angka Hans Abraham pun membawa mereka meninggalkan tuan rumah dengan skor 58-51. Tetapi, Pelita Jaya bisa mendekat 54-58 tepat di akhir kuarter ketiga.

Pada awal kuarter keempat, Prawira Bandung menunjukkan pertahanan yang luar biasa yang membuat Pelita Jaya tak menorehkan satu pun angka hingga hampir lima menit laga berjalan.

Tim besutan David Singleton itu pun masih terus memimpin 63-58 saat laga tersisa empat menit. Prawira Bandung pun bisa memperlebar keunggulan mereka menjadi 10 angka, 72-62, lewat aksi individu fantastis yang ditampilkan Reza Guntara.

Di sisi lain, Pelita Jaya bermain dengan panik sehingga serangan-serangan yang mereka lakukan sering gagal menorehkan poin. Saat waktu tersisa 30 detik, Dominique Sutton sempat membuka harapan bagi Pelita Jaya dengan tembakan tiga poinnya yang membuat skor berubah menjadi 65-72.

Prawira Bandung bisa menjauh lagi 74-65 dan terus menjaga keunggulan mereka hingga pertandingan berakhir. Mereka membutuhkan satu kemenangan lagi pada Game 2 yang akan digelar di depan publik sendiri, GOR C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (20/7).(amr)

 

BAGIKAN :
PELAYANAN