Terkait Implementasi DBON, Menpora Dito: Kemenpora Terus Fokus Tingkatkan Prestasi dan Budayakan Olahraga Masyarakat

Usai rapat membahas mengenai Pelaksanaan Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo lanjut rapat terbatas dengan Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin terkait pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (30/5).

Terkait Implementasi DBON, Menpora Dito: Kemenpora Terus Fokus Tingkatkan Prestasi dan Budayakan Olahraga Masyarakat Usai rapat membahas mengenai Pelaksanaan Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo lanjut rapat terbatas dengan Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin terkait pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (30/5). (foto:raiky/kemrnpora.go.id)

Jakarta: Usai rapat membahas mengenai Pelaksanaan Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo lanjut rapat terbatas dengan Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin terkait pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (30/5).

Menpora Dito menyampaikan pelaksanaan DBON ini memang menjadi konsentrasi Kemenpora untuk menjalankan program bagaimana mengajak masyarakat Indonesia hidup sehat dan bugar. Selain itu Kemenpora juga fokus untuk meningkatkan olahraga prestasi yang saat ini banyak multi event yang diikuti. 
    
"Target olahraga prestasi dalam waktu dekat ini adalah ASEAN Para Games 2023 Kamboja dengan target 121 emas, 92 perak dan 84 perunggu. Berikutnya ada Asian Games dan Asian Para Games di China yang juga sebagai jembatan untuk menuju Olimpiade 2024 Paris. Kemenpora juga terus fokus untuk membudayakan olahraga di masyarakat sesuai Perpres 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional," ujar  Menpora Dito.    

Sementara itu Wapres yang juga sebagai Ketua Tim Koordinasi Pusat bersama para anggota Tim Koordinasi Pusat DBON membahas evaluasi dan kemajuan pelaksanaan DBON serta rencana tindak lanjutnya untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam periode 2022-2024.

Wapres menekankan latar belakang diterbitkannya Perpres nomor 86 tahun 2021 yang merupakan implementasi atas arahan Presiden terkait rancang ekosistem olahraga nasional dan tata kelola pembinaan atlet nasional. “Selain meningkatkan prestasi olahraga nasional, DBON juga bertujuan untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga,” terang Wapres.

Selain itu, Wapres juga meminta kepada seluruh Kementerian/Lembaga untuk meningkatkan komitmen bersama untuk menyukseskan pelaksanaan DBON. Termasuk pelaksanaan Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD) yang harus bisa dijalankan dengan baik. "Untuk menjalankan DBON dengan baik, kita juga akan memaksimalkan DBOD," ujar Wapres pada Preskon.   

Ikut hadir dalam rapat ini diantaranya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menkumham Yasonna Laoly, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono.(amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN