Menpora Amali Tegaskan Kembali Bergulirnya Liga 1 Sudah Libatkan Pemilik Klub dan Untuk Kepentingan Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan bergulirnya kembali Liga 1 tanpa penonton sepenuhnya untuk kepentingan Timnas Indonesia dan sudah melibatkan klub dengan sesuai prosedur mendapatkan izin dari seluruh pihak terkait seperti Kepolisian, Kemenkes, Kementerian PU PR.

Menpora Amali Tegaskan Kembali Bergulirnya Liga 1 Sudah Libatkan Pemilik Klub dan Untuk Kepentingan Timnas Indonesia Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan bergulirnya kembali Liga 1 tanpa penonton sepenuhnya untuk kepentingan Timnas Indonesia dan sudah melibatkan klub dengan sesuai prosedur mendapatkan izin dari seluruh pihak terkait seperti Kepolisian, Kemenkes, Kementerian PU PR.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menegaskan bergulirnya kembali Liga 1 tanpa penonton sepenuhnya untuk kepentingan Timnas Indonesia dan sudah melibatkan klub dengan sesuai prosedur mendapatkan izin dari seluruh pihak terkait seperti Kepolisian, Kemenkes, Kementerian PU PR. 

Hal itu disampaikan Menpora Amali pada acara CNN Indonesia Prime News yang mengambil tema "Pengamanan Dievaluasi, Liga 1 Lanjut Lagi?", hari Selasa (06/12) malam. Pada acara tersebut, pertama Menpora Amali menjelaskan bahwa, bergulirnya kembali Liga 1 tanpa penonton sekarang ini semua sudah dikoordinasikan dan dikomunikasikan oleh federasi dengan klub.

"Sebelum Liga 1 digulirkan lagi, kita selalu melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap klub dan PSSI. Termasuk dengan suporter, kita juga sudah melakukan koordinasi dengan baik. Jadi secara keseluruhan tidak ada masalah. Bergulirnya Liga 1 ini juga jelas melibatkan klub dan beberapa pihak dari Polri, Kemenkes, bahkan Kementerian PU PR. Intinya semua terkoordinasi dan terkomunikasikan dengan baik," kata Menpora Amali. 

Menpora Amali juga menjelaskan, bergulirnya Liga 1 ini juga untuk kepentingan Timnas Indonesia yang akan menghadapi Piala AFF 2022 dan persiapan pemain untuk Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 tahun 2023 nanti. Menurutnya, tidak adanya kompetisi jelas akan memiliki pengaruh terhadap kondisi pemain, apalagi mereka tidak ada aktifitas latihan di klub. 

"Pelatih Shin Tae-yong ketika membawa pemain Timnas U-20 di Spanyol menyampaikan ke saya bahwa, banyak pemain yang kondisnya turun akibat terhentinya kompetisi selama dua bulan. Oleh karena itu, kompetisi Liga 1 yang sekarang bergulir sekarang ini akan memiliki dampak terhadap persiapan pemain," ujar Menpora Amali. 

Menpora mengatakan ke depan, terkait soal aturan penonton agar tidak kembali terulang seperti Tragedi Kanjuruhan akan lebih diperketat lagi. "Terkait penonton juga diatur dalam Undang-Undang Keolahragaan  No.11 Tahun 2022, di situ nanti penonton akan terikat dengan klub,tidak jalan sendiri-sendiri. Jadi semuanya akan terkoordinir dengan baik," tambahnya.(amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN