Atur Sport Tourism, Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi dan Dukung  DBON

Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno mendukung dan menyambut baik adanya muatan sport tourism atau pariwisata olahraga di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON sandiri memiliki landasan hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021.

Atur Sport Tourism, Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi dan Dukung  DBON Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno mendukung dan menyambut baik adanya muatan sport tourism atau pariwisata olahraga di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON sandiri memiliki landasan hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno mendukung dan menyambut baik adanya muatan sport tourism atau pariwisata olahraga di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON sandiri memiliki landasan hukum berupa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. 

Pernyataan ini disampaikan Sandiaga Uno dalam sambutannya pada acara pemberian penghargaan kepada para pelaku olahraga yang bertajuk Golden Award IV Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2021 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/12) malam. 

"Salah satu yang terpenting dalam pilar (DBON) Pak Menpora adalah sport tourism dan kita sangat mendukung," kata Sandiaga Uno. 

Politisi Gerindra ini menilai DBON tidak hanya untuk sekadar melahirkan atlet berprestasi. Namun juga aspek olahraga rekreasi yang saat ini sangat diminati para wisatawan. 

"Sekarang aspek rekreasi sangat tinggi dalam olahraga. Maka destinasi-destinasi wisata ini timbul keharusan menyiapkan fasilitas olahraga seperti jogging, sepeda, berenang, sampai ke panjat tebing dan olahraga lain seperti paralayang yang menjadi daya tarik wisata. Dan saya sangat mendukung," tukasnya. 

Tidak lupa, dalam kesempatan ini Sandi Uno mengapresiasi dan memberikan dukungan atas digelarnya acara pemberian penghargaan kepadavinsan olahraga tersebut. Dia berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan setiap tahun. 

Sandi Uno pun menyanpaikan apresiasinya dalam bentuk pantun yang berbunyi, "Salah satu sukses parekraf adalah aplikasi, tahun depan diprediksi makin positif pertumbuhannya. Selamat dan sukses untuk SIWO PWI, mari dukung pariwisata majukan sport tourism Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu, pada kesempatan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menjelaskan bahwa dalam DBON pihaknya memasukan sport tourism sebagai salah satu yang dikembangkan kedepan. Disamping sport industri, sport science dan budaya olahraga di tengah masyarakat. 

Menurut Menpora Amali, negara-negara lain sudah mengembangkan pariwisata olahraga dan menjadikannya sebagai devisa atau sumber pemasukan negaranya. Dia mencontohkan negara Thailand yang dulu mengandalkan wisata hiburan sebagai pemasukan negaranya. Namun, kini justru mereka menjadikan wisata olahraga sebagai jualan utamanya. 

Padahal lanjutnya, tempat wisata di Indonesia tidak kalah indah dengan Thailand dan lengkap, mulai dari wisata laut yang digunakan untuk menyelam, gunung, sungai dan tebing untuk panjat tebing. "Semua ada kita, golf, lapangan bagus-bagus," katanya. 

Meski demikian, menurutnya, Thailand berhasil mengembangkan hal tersebut karena dijual secara paket mulai dari tiket, akomodasi, belanja, serta wisata dan olahraga yang terintegrasi. 

"Nah, kita belum. Ini Menparekraf kita sudah ada MOU, kita akan garap bersama ini dan pengelola pariwisata ayo kita paketkan itu, karena negara lain sudah menjualnya secara paket,"  jelasnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN