Menpora Amali Apresiasi Kontribusi Gerakan Pramuka Dalam Pembangunan Bangsa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo menjadi Pembina upacara pada upacara pembukaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 secara virtual dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/12) pagi.

Menpora Amali Apresiasi Kontribusi Gerakan Pramuka Dalam Pembangunan Bangsa Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo menjadi Pembina upacara pada upacara pembukaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 secara virtual dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/12) pagi. (foto:rayki/kemenpora.go.id)

Medan: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo menjadi Pembina upacara pada upacara pembukaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2021 secara virtual dari Medan, Sumatera Utara, Sabtu (4/12) pagi. 

Dalam sambutannya, Menpora Amali salam hangat dan permohonan maaf Presiden Joko Widodo karena tidak bisa hadir secara langsung dalam kegiatan ini karena harus menghadiri kegiatan lain pada saat yang bersamaan. 

"Tapi ketidakhadiran Presiden Jokowi tidak mengurangi makna dari pelaksanaaan perkemahan yang kita mulai pagi hari ini," kata Menpora Amali dalam sambutannya.

Menpora Amali mengatakan, kegiatan perekamahan yang dilakukan Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti-Musa Jambi tersebut kegiatan yang sangat penting untuk keluarga besar gerakan pramuka. Meskipun dilakukan secara hybrid karena masih dalam suasana pandemi COVID-19. 

"Karena masih dalam suasana pandemi covid-19, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dilaksanakan secara hybrid yakni kehadiran langsung dan juga kehadiran secara virtual.  Tetapi ini tidak akan mengurangi arti dan makna dari pelaksanaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional," ucapnya. 

Menpora Amali pun menyanapiakan harapannya terhadap Gerakan Pramuka yang sudah berusia 60 tahun agar menjadi yang terdepan dalam mempelopori mengatasi masalah dan ikut berperan serta dalam pembangunan bangsa. 

Dicontohkannya, saat ini negara Indonesia sedang dilanda oleh pandemi covid-19 bersama dengan negara-negara lain di dunia. Upaya-upaya pemerintah, kerja keras pemerintah baik menangani pandemi dari sisi kesehatannya dan juga menangani dampak-dampak sosial sebagai akibat dari pandemi sedang dilakukan oleh pemerintah. 

"Tetapi tentu tidaklah cukup hanya dengan upaya pemerintah tersebut, keterlibatan semua elemen masyarakat sangat diperlukan. Kebersamaan kita, gotong royong kita juga sangat diperlukan untuk menangani ini. Termasuk di dalamnya adalah keterlibatan dan kontribusi dari Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia," harapnya. 

Menpora Amali mengungkapkan, akibat pandemi covid-19, muncul persoalan ekonomi khususnya ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian Gerakan Pramuka khususnya peserta Perkemahan Wirakarya Nasional. 

"Kehadiran Gerakan Pramuka di tengah-tengah masyarakat sudah cukup nyata dengan perjalanan usia Gerakan Pramuka 60 tahun. Tentu pemerintah sekali lagi mengharapkan partisipasi aktifnya agar dampak-dampak yang dirasakan oleh masyarakat bisa segera teratasi. Dan kehadiran Gerakan Pramuka khususnya melalui perkemahan wirakarya Nasional bisa terbukti nyata dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso dan Gubernur Jambi Al Haris dan seluruh peserta dari 34 provinsi di Indonesia.(ded)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN