Kemenpora Dukung 53rd FIG Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 di Jakarta

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), menyampaikan dukungannya pada persiapan dan penyelenggaraan 53rd Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 mendatang.

Kemenpora Dukung 53rd FIG Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 di Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), menyampaikan dukungannya pada persiapan dan penyelenggaraan 53rd Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 mendatang. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), menyampaikan dukungannya pada persiapan dan penyelenggaraan 53rd Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 mendatang. 

Hal itu disampaikan Sesmenpora Gunawan Suswantoro saat menghadiri Press Conference 1 Year To Go 53rd FIG Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 di Media Center Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10) siang.

"Kami hadir lengkap pada pres konferensi ini, membuktikan bahwa Kemenpora sangat mendukung Kejuaraan Senam Dunia ke-53 tahun depan yang mengarah kepada mendorong peningkatan prestasi olahraga," kata Sesmenpora mewakili Menpora Dito.

Kemenpora lanjutnya, menyampaikan apresiasi kepada Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) beserta jajaran dan bangga terhadap penunjukan langsung oleh FIG sebagai tuan rumah 53rd FIG Artistic Gymnastic World Championships 2025 pada 14-25 Oktober 2025 di Indonesia Arena, Jakarta.

"Ini adalah bagian dari Komitmen dan konsistensi PB Persani yang telah memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian prestasi olahraga Senam Indonesia," imbuh Sesmenpora.

Menurutnya, gymnastic yang merupakan mother of sport dan merupakan sport olimpic yang memiliki peluang besar dalam meningkatkan peringkat Indonesia di multievent, seperti SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade.

"Dengan penyelenggaraan kejuaraan ini nantinya, jelas memiliki dampak positif terhadap perkembangan olahraga senam di Indonesia, ditambah lagi bisa mempromosikan Indonesia memiliki fasilitas olahraga bertaraf dunia," urainya.

Event dalam rangka mensosialisasikan Kejuaraan Dunia Senam ke-53 tahun 2025 adalah dengan dilaksanakannya Festival 1st Gymnastics For All (GFA) dibulan Juni 2024, sebagai festival tahunan untuk mempromosikan kampanye nasional Gymnastic for All (GfA).

"Selamat Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan internasional ini. Semoga pelaksanaan acara berjalan lancar dan sukses, membawa manfaat yang massif untuk masyarakat sehat dan bugar. Kita sosialisasikan kembali agar pelaksanaannya nanti meriah dan dapat dinikmati oleh hampir 70 negara peserta, sekaligus mensosialisasikan cabor senam kepada seluruh masyarakat Indonesia," harap Sesmenpora.

Ketua PB Persani Ita Yuliati melaporkan, jumpa pers dan peluncuran logo 53rd FIG Artistics Gymnastics World Gymnastics Championships 2025 ini sekaligus menandai satu tahun kedepan pelaksanaan kejuaraan dunia senam yang pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenpora RI, KONI Pusat dan NOC Indonesia yang telah memberi dukungan kepada PB Persani. Kami juga memiliki PR besar agar mampu melahirkan Rifda-Rifda yang lain," ujarnya.

"Kami telah menentukan venuenya yakni di Indonesia Arena dan untuk training hall di JCC Hall A dan Hall B. Akan diikuti 60 negara dengan 500 orang peserta. Acara ini juga sebagai ajakan kepada masyarakat untuk mendukung dan memeriahkan event senam terbesar di dunia sekaligus membuktikan Indonesia mampu menjadi tuan tingkat dunia," imbuhnya.

Turut hadir dalam jumpa pers ini, Plh. Deputi Pembudayaan Olahraga Sri Wahyuni, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Wasekjen KONI Pusat Othniel Mamahit, Dirut LPDUK Ferry Kono, Presiden FIG Morinaro Watanabe, General Secretary FIG Nicolas Buompane, Asdep Olahragawan Andalan Budi Ariyanto Muslim. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN