Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Monumen Pancasila Sakti Jakarta

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10).

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Monumen Pancasila Sakti Jakarta Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10).(foto:andre/kemenpora.go.id)

Jakarta: Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 yang dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10). 

Presiden Joko Widodo tiba di tempat upacara sekitar pukul 07.55 WIB didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. 

Rangkaian upacara dimulai dengan salam kebangsaan, penghormatan kebesaran, yang diikuti oleh laporan komandan upacara kepada Presiden Joko Widodo. Kombespol I Ketut Gede Adi Wibawa didapuk sebagai komandan upacara yang saat ini menjabat Komandan Resimen 1 Pelopor, Pasbrimob 2, Korpbrimob Polri. 

Pada upacara ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertindak sebagai Pembaca Teks Pancasila. Adapun Pembacaan Naskah UUD 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak Membacakan dan Menandatangani Ikrar. Sementara Menag Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa. 

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya dan disusul Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara serta diikuti seluruh peserta dengan khidmat.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan para pejuang bangsa, terutamanya pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai," kata Presiden Jokowi saat memimpin upacara yang mengusung tema 'Bersama Pancasila Kita Wujudkan Generasi Emas'.

Sesmenpora Gunawan Suswantoro yang turut hadir mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 berharap, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi semangat khususnya bagi para pemuda Indonesia atas perjuangan para pahlawan revolusi untuk tetap menjaga NKRI.

"Hari Kesaktian Pancasila harus kita peringati dan harus kita hormati. Karena kesaktian Pancasila inilah sebagai bukti bahwa dengan Pancasila kita bisa berjaya. Indonesia bisa berjaya," kata Sesmenpora Gunawan Suswantoro usai mengikuti rangkaian upacara.  

"Dan ini harus menjadi bahan bagi para pemuda bahwa Indonesia itu bisa seperti sekarang ini karena kesaktian Pancasila. Karena perjuangan para pahlawan revolusi yang telah mengorbankan segalanya hingga gugur. Tapi alhamdulillah Pancasila bisa menyelamatkan bangsa ini dan tetap sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," imbuhnya.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 ini diikuti oleh pasukan upacara yang melibatkan satuan TNI/Polri, pramuka, siswa siswi sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Turut dihadiri oleh para pimpinan lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara-negara sahabat dan undangan lainnya. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN