Debut PON Langsung Raih 3 Emas dan Pecahkan Rekor, Pelari Sumut Nella Agustin Ingin Naik Level ke Internasional

Pelari Nella Agustin mencatatkan capaian mentereng saat melakoni debut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Atlet andalan tuan rumah Sumatera Utara itu meraih tiga emas sekaligus dan memecahkan rekor.

Debut PON Langsung Raih 3 Emas dan Pecahkan Rekor, Pelari Sumut Nella Agustin Ingin Naik Level ke Internasional Pelari Nella Agustin mencatatkan capaian mentereng saat melakoni debut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Atlet andalan tuan rumah Sumatera Utara itu meraih tiga emas sekaligus dan memecahkan rekor. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Medan: Pelari Nella Agustin mencatatkan capaian mentereng saat melakoni debut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Atlet andalan tuan rumah Sumatera Utara itu meraih tiga emas sekaligus dan memecahkan rekor. 

“Senang dan bangga atas pencapaiannya ini. Tak pernah terbayangkan, ini adalah PON pertama saya dan langsung dapat emas serta pecahkan rekor,” ujar Nella saat ditemui di Medan, Rabu (18/9). 

Nella meraih medali emas pada nomor lari 200 meter putri, lari 400 meter gawang putri, dan 4×400 meter mix.

Adapun Nella pada nomor lari 200 meter putri meraih medali emas dengan catatan waktu 23,61 detik. 

Catatan waktunya ini memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri, 23,63 detik. Catatan waktunya itu juga memecahkan rekor PON yang diciptakan Irene Truitje Joseph (Maluku) pada PON tahun 2000 di Jawa Timur dengan waktu 23,98 detik.

Pada nomor lari 400 meter gawang putri, Nella mencatatkan waktu 58,3 detik. Waktunya memecahkan rekor nasional dan rekor PON. 

Rekor nasional sebelumnya diciptakan oleh Viera Hetari dari Maluku dengan catatan waktu 59,64 detik pada tahun 2011. Adapun rekor PON sebelumnya dibuat oleh Maryati (NTB) pada PON tahun 2012 di Riau dengan waktu 60,31 detik.

Khusus di nomor lari 4×400 meter mix, Nella merebut medali emas bersama Siska Simamora, M Khairuddin, dan Ayyub Niti yang tergabung dalam tim campuran Sumatera Utara.

Nella mengakui capaian prestasi yang didapatnya ini tak mudah. Saban hari dia fokus berlatih daya tahan dan kecepatan. 

“Pelatih bilang harus kuat di daya tahan dan speed. Fokusnya disitu dan syukur ini lah hasilnya,” katanya:

Nella berharap kedepan karier atletnya bisa melesat. Dia bertekad bisa menembus panggung internasional. Caranya adalah terus berlatih, kerja keras, dan mempertajam catatan waktunya.

“Saya ingin nanti bisa naik ke pertandingan internasional seperti SEA Games dan Asian Games. Semoga impian ini bisa terwujud, mohon doanya,” pungkas Nella. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN