Buka Munas VII SOIna 2023, Menpora Dito Dukung Penuh Perkembangan dan Kemajuan SOIna

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Musyawarah Nasional (Munas) VII Special Olympics Indonesia (SOIna) Tahun 2023 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (14/11) sore.

Buka Munas VII SOIna 2023, Menpora Dito Dukung Penuh Perkembangan dan Kemajuan SOIna Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Musyawarah Nasional (Munas) VII Special Olympics Indonesia (SOIna) Tahun 2023 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (14/11) sore.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Musyawarah Nasional (Munas) VII Special Olympics Indonesia (SOIna) Tahun 2023 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (14/11) sore.

Munas yang mengambil tema Konsolidasi Organisasi Menuju SOlna Sebagai Tuan Rumah Special Olympics World Summer Games (SOWSG) Tahun 2027 dilaksanakan dari 14-16 November 2023.

Menpora Dito menyampaikan dukungannya terhadap SOIna sebagai organisasi dan juga dukungan pengembangan generasi muda yang memiliki keterbatasan intelektual.

"Saya memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan SOIna sebagai organisasi. Dan saya bersama Ketum SOIna hadir langsung di event tertingginya yaitu  Special Olympics World Summer Games (SOWSG) di Jerman," ujarnya.

 "Saya melihat secara langsung bagaimana 23 atlet Indonesia berjuang  di SOWSG Jerman dan Alhamdulillah Indonesia meraih 10 medali emas. Di sana (Jerman) kita juga langsung bertemu dengan Presiden Regional Asia Pasifik Specials Olympics, Dipak Natali," sambungnya.

Menurutnya, pertemuan dengan Dipak Natali membahas Indonesia menjadi tuan rumah Special Olympics di tahun 2027. "Mereka meminta kita untuk menjadi tuan rumah untuk tahun 2027 nanti," kata Menpora Dito.

Disampaikan Menpora Dito, permintaan Indonesia sebagai tuan rumah SOWSG 2027 merupakan bentuk  apresiasi dari organisasi internasional Special Olympics World atas keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah even internasional.

"Permintaan mereka ini karena Indonesia berhasil menyelenggarakan Asian Games, Asian Para Games 2018 hingga perhelatan ASEAN Para Games 2021. Dan mereka menyanjung Indonesia atas keberhasilan ini," jelasnya.

Menurutnya, organisasi Special Olympic International melihat Indonesia berpeluang dalam mengembangkan olahraga untuk atlet keterbatasan intelektual ini.

"Kami selaku pemerintah berkomitmen untuk selalu mendukung dan juga meminta keterlibatan dari pemerintah daerah untuk selalu mendukung SOIna. Karena saya yakin, banyak sekali para pemuda yang memiliki hal yang sama (keterbatasan intelektual) namun masih bingung untuk menyalurkannya," tutupnya. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN