Menpora Dito Dukung Lari Trail Indonesia Berprestasi di Pentas Dunia

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyatakan akan memberi dukungan untuk cabang olahraga yang membawa visi Merah Putih berprestasi di kancah dunia termasuk cabor lari trail Indonesia.

Menpora Dito Dukung Lari Trail Indonesia Berprestasi di Pentas Dunia Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyatakan akan memberi dukungan untuk cabang olahraga yang membawa visi Merah Putih berprestasi di kancah dunia termasuk cabor lari trail Indonesia.(foto:yayan/kemenpora.go.id)

Cianjur: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyatakan akan memberi dukungan untuk cabang olahraga yang membawa visi Merah Putih berprestasi di kancah dunia termasuk cabor lari trail Indonesia.

Hal itu disampaikan Menpora Dito sebelum melepas peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail Indonesia 2023 Kategori Vertikal 7,5 KM di kawasan Kebun Raya Cibodas, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

"Kami di Kemenpora sebagai pembina dan pembimbing dari olahraga prestasi, pasti akan selalu mensupport, mendukung olahraga lari trail apalagi jika tujuannya untuk prestasi dunia," tegas Menpora Dito, Jumat (27/10).

"Jadi, untuk atlet terus semangat dan percayalah ketika atlet memiliki semangat dan misi untuk membawa Merah Putih di tingkat dunia, kami selaku pemerintah pasti akan hadir di belakang anda semua," tegas Menpora Dito lagi.

Menurut Menpora Dito, target cabor termasuk lari trail ini tidak boleh hanya level nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), tetapi harus berwawasan jauh kedepan hingga ke kancah prestasi dunia.

"Di Asian Games selanjutnya lari trail sudah menjadi cabor yang dipertandingkan, jadi ini sudah melebihi dari PON karena sudah di Asian Games. Target kita tidak boleh hanya PON. Tetapi, dunia. Atlet lari trail ini baik muda dan tua memiliki potensi yang sama," ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (Ketum ALTI) Bima Arya Sugiarto menyampaikan, sejak awal dilantik pengurus ALTI memiliki target dua kejurnas, pengurus provinsi terbentuk dan ikut ekshibisi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Alhamdulillah dengan bangga karena kerja keras teman-teman di daerah sampai hari ini ALTI sudah terbentuk di 21 provinsi seluruh Indonesia, 159 kota/kabupaten seluruh Indonesia, dua kali kejurnas di Palu dan Cianjur ini, serta dua kali kejuaraan dunia di Austria dan Thailand," kata Bima yang juga Walikota Bogor ini. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN