Raih Juara 1 Penggerak Wiramuda, Zainal Abidin Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Kemenpora

Zainal Abidin meraih juara satu pada kategori penggerak wiramuda tingkat nasional 2023. Pria asal Aceh itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inisiasi yang telah mendukung pengembangan wiramuda di Tanah Air.

Raih Juara 1 Penggerak Wiramuda, Zainal Abidin Ucapkan Terima Kasih Atas Dukungan Kemenpora Zainal Abidin meraih juara satu pada kategori penggerak wiramuda tingkat nasional 2023. Pria asal Aceh itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inisiasi yang telah mendukung pengembangan wiramuda di Tanah Air. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Zainal Abidin meraih juara satu pada kategori penggerak wiramuda tingkat nasional 2023. Pria asal Aceh itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inisiasi yang telah mendukung pengembangan wiramuda di Tanah Air. 

"Terima kasih kepada Kemenpora yang telah memfasilitasi apresiasi ini. Semoga ini menjadi pemicu untuk wiramuda lainnya bisa berprestasi dan berkembang," kata Zainal saat berbincang usai kegiatan di Aston Kartika Hotel, Jakarta, Kamis (24/10). 

Dia menceritakan awal mula saat mengikuti kegiatan wiramuda berprestrasi ini. Zainal mendapatkan informasi melalui Dispora Aceh. Setelahnya, dia daftar hingga akhirnya mampu bersaing dan berhasil menjadi yang terbaik. 

Zainal merupakan seorang pembimbing wirausaha yang memberi panduan yang terarah dan solusi praktis kepada calon wirausaha dan pengusaha yang ada. Dia tergabung dalam usaha Natural Aceh. 

Selain itu, Zainal juga aktif membantu calon wirausaha untuk merumuskan ide bisnis. Kemudian mengembangkan rencana bisnis yang komperehensif serta memberikan wawasan tentang aspek manajemen. 

"Jadi kita punya rumah produksi dan lainnya. Kita juga punya virtual office untuk pengembangan wiramuda di Aceh," jelasnya. 

Sementara itu, salah satu dewan juri sekaligus founder Teguk Indonesia, Najib Wahab Mauluddin mengapresiasi seluruh peserta wiramuda. Menurutnya mereka punya potensi yang sangat besar. 

"Potensi anak muda saat ini sangat menggebu-gebu. Apresiasi kepada Kemenpora yang telah menginisiasi acara ini. Saya lihat peserta ini punya potensi untuk go nasional dan internasional," terangnya. 

Lebih lanjut, Najib berbagi tips kepada para peserta agar menjalankan bisnis dengan sip. Dia bilang pebisnis harus punya mentor yang baik.

"Mentor adalah penghubung untuk menuju lebih bagus. Mentor mengarahkan untuk kita bisa berkembang. Kemudian juga permodalan sangat penting untuk diuperhatikan. Besar harapan saya agar seluruh peserta sukses," pungkasnya. (jef)
 

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN