Kemenpora Harap Melaui LT-V Menjadi Upaya Membangun Karakter Pemuda dan Menaikkan IPP

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap melalui Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2023 menjadi salah satu upaya membangun karakter pemuda yang berkualitas dan jujur sekaligus menaikkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Kemenpora Harap Melaui LT-V Menjadi Upaya Membangun Karakter Pemuda dan Menaikkan IPP Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Aris Subiyono mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga pada Pembukaan LT-V 2023, di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, Minggu (18/6).(foto:istimewa)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap melalui Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2023 menjadi salah satu upaya membangun karakter pemuda yang berkualitas dan jujur sekaligus menaikkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Hal demikian disampaikan oleh, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Aris Subiyono mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga pada Pembukaan LT-V 2023, di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, Minggu (18/6).

"Seperti arahan Pak Menteri, lomba ini dalam rangka upaya membangun karakter pemuda yang berkualitas, maju, mandiri, tangguh dan jujur," ujarnya saat dihubungi.

"Juga diharapkan anggota pramuka yang jumlahnya mencapai 26 juta ini menjadi target untuk menaikkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Jadi, salah satu upaya menaikkan IPP salah satunya melalui jalur kepramukaan," tambahnya.

Pemerintah dalam hal ini Kemenpora, terus mendukung terlaksananya beberapa kegiatan kepramukaan. "Meski masih dalam proses kita tetap mendukung kepramukaan khususnya untuk penyelenggaraan kegiatan di pusat ya," tutur Aris. 

"Dan ini merupakan bagian dari kegiatan prioritas saat Ka Kwarnas beraudiensi dengan Pak Menteri. Nantinya akan ada beberapa kegiatan besar lain seperti Jambore Dunia, Raimuna dan sebagainya," tambahnya.

LT-V Tahun 2023 yang mengusung tema Membangun Regu Tangguh tersebut diikuti oleh Regu Berprestasi Tinggi hasil dari LT-IV di tingkat Kwartir Daerah dari 32 provinsi. Kegiatan yang seharusnya dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya ini tetap memberikan antusiasme peserta yang luar biasa.

LT-V merupakan bagian implementasi dari Satya dan Dharma Pramuka yang menumbuhkan karakter dari para peserta. Kegiatan lomba yang digelar yakni diantaranya, Lomba Packing Pengembaraan, Lomba Semboyan dan Isyarat, Lomba Menaksir, Lomba Sketsa Panorama. 

Kemudian ada juga lomba-lomba seperti peta-kompas, halang rintang, pidato, baris-berbaris, senam Pramuka, robotik, coding, esport, serta wawasan bijak bersosmed. (ben)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN