Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menghadiri pameran TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023, The TikTok Effect: Accelerating Southeast Asia's Bussinesses, Education and Community. Menpora berharap investasi dan kolaborasi TikTok di Indonesia berdampak signifikan untuk pemuda dan olahraga di tanah air.
Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menghadiri pameran TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023, The TikTok Effect: Accelerating Southeast Asia's Bussinesses, Education and Community. Menpora berharap investasi dan kolaborasi TikTok di Indonesia berdampak signifikan untuk pemuda dan olahraga di tanah air.
"Kehadiran TikTok di Indonesia memang bisa bermanfaat, apalagi kita melihat bahwa TikTok ini memiliki algoritma yang mengarahkan para pemuda pemakainya khususnya, untuk konten-konten positif yang menginspirasi," kata Menpora Dito di Ballroom 3 Pacific Place, Jakarta, Kamis (15/6).
Menpora berharap, kehadiran, investasi serta kolaborasi TikTok dapat bermanfaat secara signifikan untuk pembangunan UMKM, kepemudaan dan keolahragaan di tanah air.
"Saya harap kedepan TikTok yang juga merupakan komitmen dari CEO TikTok Global bahwa komitmen untuk kolaborasi bersama Kemenpora untuk di pembinaan dan pembentukan UMKM," urai Menpora Dito usai mengunjungi beberapa booth TikTok Shop dari negara-negara Asia Tenggara.
"Selain itu juga komitmen untuk pembangunan kepemimpinan pemuda dan juga di sektor olahraga khususnya di Indonesia. Ada juga seperti TikTok Shop dimana kita bisa melihat hasil-hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari negara-negara Asia Tenggara yang sukses melalui TikTok Shop ini," jelasnya.
Sebelumnya ditempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, TikTok telah berinvestasi ke Indonesia. Ia berharap dampak investasi itu bisa untuk membangun generasi muda Indonesia lebih baik dan mendukung program kepemudaan Presiden Jokowi.
"Ya siapa aja yang mau investasi ke Indonesia boleh. TikTok viewersnya di Indonesia lebih dari 125 juta saya pikir itu bagus. Tadi sudah ada tanda tangan MoU untuk itu tapi saya tidak tahu berapa nominalnya," ujarnya usai menyaksikan MoU TikTok dengan beberapa stakeholder terkait.
"Generasi muda saat ini harus fokus untuk membangun generasi masa depan yang lebih baik, sehingga membantu program yang telah dibuat Pak Jokowi bisa semakin dipercepat, lebih fokus dan lebih efisien," tambahnya.
Menurutnya, TikTok sangat menikmati investasinya di Indonesia. Karena, setelah Amerika yang paling banyak viewers TikTok adalah di Indonesia. Dengan demikian, momen itu diharapkan mampu mendorong berbagai sektor lebih maju baik disektor ekonomi dan pembangunan pemuda.
"Karena program dari Pak Jokowi itu tidak bisa distop kalau di stop dampaknya juga pada generasi muda saat ini, karena kita sudah buktikan keadaan ekonomi yang paling susah pun kita mampu bertahan dengan bagus. Pesan saya untuk generasi muda pengguna TikTok mainlah yang benar, jangan yang ngga perlu-perlu itu, jadikan pembelajaran, bisa seperti gasing matematika itu bisa juga melalui TikTok dan saya akan usulkan itu, karena itu membuat anak-anak kita pintar," pungkasnya.
Turut mendampingi Menpora Dito, Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono serta Staf Khusus Hukum dan Kepatuhan Tata Kelola Alvin Saptamandra. (ben)