Menpora Dito Optimis Atlet Indonesia Bisa Menuai Sukses di Asian Games 2023 Hangzhou

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora Ri) Dito Ariotedjo optimis sukses atlet Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja akan memiliki dampak positif bagi semangat atlet Indonesia yang akan berjuang di Asian Games 2023 Hangzhou (23 September-8 Oktober) mendatang.

Menpora Dito Optimis Atlet Indonesia Bisa Menuai Sukses di Asian Games 2023 Hangzhou Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora Ri) Dito Ariotedjo optimis sukses atlet Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja akan memiliki dampak positif bagi semangat atlet Indonesia yang akan berjuang di Asian Games 2023 Hangzhou (23 September-8 Oktober) mendatang. (foto:yayan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora Ri) Dito Ariotedjo optimis sukses atlet Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja akan memiliki dampak positif bagi semangat atlet Indonesia yang akan berjuang di Asian Games 2023 Hangzhou (23 September-8 Oktober) mendatang. 

Hal itu disampaikan Menpora Dito saat menjadi nara sumber pada tapping program "Sukses Sea Games, Menyongsong Asian Games 2023” bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, Ketua Tim Review, Asmawi, dan Pengamat Olahraga, M Khusnaeni di Studio 3 Metro Tv, Jakarta, Minggu (4/6) malam. 

Menpora Dito menyampaikan, mulai saat ini Kemenpora bersama Tim Review mulai aktif untuk terus melakukan pemantauan terhadap atlet dan cabang olahraga yang akan bertanding di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. 

"Kita tahu Asian Games terakhir kita adalah ketika kita menjadi tuan rumah tahun 2018, saat itu memang ada cabor Pencak Silat yang berhasil menyumbangkan medali cukup besar. Nah kali ini di Asian Games 2023 Hangzhou, cabor Pencak Silat tidak dipertandingkan. Tapi saya tetap yakin dan optimis cabor lain yang akan bertanding bisa memberikan yang terbaik," kata Menpora Dito. 

Beberapa cabang olahraga yang diharapkan bisa memberikan kontribusi maksimal di Asian Games nanti selain bulu tangkis, panahan dan angkat besi, Menpora Dito menilai Panjat Tebing dan Wushu memiliki kans untuk mempersembahkan medali. 

"Kita lihat perkembangan beberapa cabor terus meningkat seperti wushu dan panjat tebing yang akan dipertandingkan di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Semoga bisa mendapatkan medali emas," ujar Menpora yang baru berusia 32 tahun ini.  

Ketua Tim Review Asmawi pada acara tersebut juga menyampaikan bahwa, tim review saat ini sudah mulai bekerja dan memetakan kekuatan tim Indonesia yang akan berjuang di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Proses pemilihan atlet yang akan bertanding juga akan dilakukan dengan ketat berdasarkan data yang kuat.   

"Kita sangat ketat dalam mereview keberangkatan atlet yang akan bertanding di Asian Games 2023 Hangzhou nanti. Tanggung jawab kami dalam pemberangkatan atlet melalui data dan dukungan sport science. Ada juga dari gizi, mental training dan yang sebagainya," tegasnya.

Sementara Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali mengatakan, untuk tim sepak bola yang akan berangkat ke Asian Games 2023 Hangzhou nanti adalah pemain yang berhasil juara di SEA Games 2023 Kamboja lalu. "Ketua Umum PSSI sudah memutuskan tim yang akan bertanding di Asian Games 2023 Hangzhou adalah tim yang juara di SEA Games Kamboja lalu. Tujuanya adalah untuk menambah jam terbang mereka di kancah sepak bola Asia," ujar Zainudin Amali. (amr) 

BAGIKAN :
PELAYANAN