Kemenpora Harap Bung Karno Run 2023 Jadi Ajang Lahirkan Talenta Atlet

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi penyelenggaraan Bung Karno Run 2023 di Blitar, Jawa Timur. Kemenpora berharap ajang ini bisa melahirkan talenta atlet yang nantinya bisa memperkuat tim nasional.

Kemenpora Harap Bung Karno Run 2023 Jadi Ajang Lahirkan Talenta Atlet Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi penyelenggaraan Bung Karno Run 2023 di Blitar, Jawa Timur. Kemenpora berharap ajang ini bisa melahirkan talenta atlet yang nantinya bisa memperkuat tim nasional.(foto:istimewa)

Blitar: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi penyelenggaraan Bung Karno Run 2023 di Blitar, Jawa Timur. Kemenpora berharap ajang ini bisa melahirkan talenta atlet yang nantinya bisa memperkuat tim nasional. 

Demikian disampaikan Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora Yohan usai menghadiri langsung Bung Karno Run 2023 di Istana Gebang, Blitar, Minggu (4/6). Lomba lari ini juga bagian dari menyemarakkan peringatan Bulan Bung Karno yang diperingati setiap bulan Juni. 

“Bung Karno Run 2023 ini rangkaian dari acara yang diadakan Pemerintah Kota Blitar. Ini adalah kali kedua diselenggarakan setelah sebelumnya dilakukan pda tahun lalu,” katanya. 

Menurut Yohan, sekitar 1.200 orang ikut ambil bagian dalam Bung Karno Run tahun ini. Jumlah ini lebih banyak dari sebelumnya. Adapun para peserta mengikuti lomba lari dengan jarak 5 kilometer dan 10 kilometer.

“Kalau tahun sebelumnya itu pesertanya sekitar 600-an. Artinya dengan sekarang itu bisa jumlahnya dua kali lipat. Kita lihat memang antusias masyarakat luar biasa, lomba ini ada kategori umum dan profesional serta diikuti baik putra maupun putri,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Yohan berharap ajang seperti ini bisa terus rutin dilakukan. Hal ini juga sekaligus jadi ajang proses mencari talenta atau pembinaan atlet. Dia ingin kegiatan serupa bisa dilakukan di daerah lain. 

“Memang ini sejalan dengan programnya pak Menpora. Proses pembinaan kan memang harus dilakukan dari bawah, mencari bibit dari ajang seperti ini. Ya memang harus digalakkan,” terangnya. 

“Sekali lagi kita sangat mengapresiasi Bung Karno Run 2023. Tadi juga saya dapat informasi bahwa Blitar juga akan menyelenggarakan tarkam bulu tangkis. Ini tentu kita sangat sambut baik. Tarkam semacam ini harus diperbanyak supaya banyak bibit atlet yang muncul,” pungkas Yohan. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN