Takluk Atas Filipina di Semi Final, Kemenpora Tetap Apresiasi Perjuangan Timnas Basket Putra Indonesia

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) tetap mengapresiasi perjuangan timnas basket putra meski gagal ke final SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia takluk dengan Filipina di laga semifinal.

Takluk Atas Filipina di Semi Final, Kemenpora Tetap Apresiasi Perjuangan Timnas Basket Putra Indonesia Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) tetap mengapresiasi perjuangan timnas basket putra meski gagal ke final SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia takluk dengan Filipina di laga semifinal. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Phnom Penh: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) tetap mengapresiasi perjuangan timnas basket putra meski gagal ke final SEA Games 2023 Kamboja. Indonesia takluk dengan Filipina di laga semifinal. 

Pertandingan semifinal basket putra ini berlangsung di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Senin (15/5). Indonesia kalah dengan skor 76-84. 

“Tidak apa-apa, itu lah pertandingan. Tadi pertandingan sudah berjalan dengan sportif,” kata Sesmenpora Gunawan Suswantoro usai menyaksikan pertandingan partai semifinal Indonesia kontra Filipina. 

Menurut Sesmenpora, skuat Merah-Putih sudah bermain semaksimal mungkin. Ini terlihat saat Andakara Prastawa dkk terus berjuang hingga akhir pertandingan. 

“Tadi sama-sama kita tahu mereka sudah main maksimal. Jangan kecil hati, di pertandingan selanjutnya semoga bisa menang (dapat medali perunggu),” jelas Sesmenpora. 

Indonesia sebenarnya sempat dominan sejak awal pertandingan hingga kuarter ke tiga. Pada kuarter pertama, kedua tim sempat saling mengejar poin. Filipina membuka keunggulan lebih dulu lewat tembakan tiga poin. Indonesia merespons dan membalas. 

Tim Merah Putih bisa memimpin 20-15 melalui tembakan tiga poin secara beruntun. Indonesia mampu menutup kuarter pertama 24-20. 

Memasuki kuarter kedua, Indonesia langsung tancap gas dan mampu memimpin 38-27. Mereka terus tampil impresif hingga akhirnya menutup kuarter kedua dengan skor 45-48. 

Filipina mencoba untuk keluar dari tekanan. Brownlee dan kawan-kawan mampu menyamakan kedudukan jadi 47-47. Tak tinggal diam, Indonesia meraih delapan poin secara beruntun dan menuntaskan kuarter ketiga 65-60. 

Memasuki kuarter keempat, pasukan Milos Pejic masih mampu memimpin 71-64 usai Lester Prosper bikin tembakan tiga angka. 

Lima menit jelang akhir pertandingan, Filipina mampu bangkit dan mengejar ketertinggalan. Bola-bola hasil dari tiga poin mereka efektif dan berbalik unggul 76-74. 

Indonesia kemudian kehilangan fokus. Beberapa serangan yang dibangun justru kandas dan tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya Filipina mampu menutup pertandingan dengan skor 84-76. 

Atas hasil ini, Indonesia akan bertemu Thailand dan bersaing untuk berebut perunggu. Sedangkan Filipina akan bersua tuan rumah Kamboja berebut emas. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN