Tiga Produk Pemuda Kreatif yang Dikirim Kemenpora di Ajang TUTTOFOOD Milan 2023 Disambut Positif

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda telah mengirimkan delegasi pemuda kreatif dan mandiri untuk berpartisipasi pada event dan expo internasional, pameran produk makanan terbesar di Eropa, TUTTOFOOD di Milan, Italia, 8 sampai 11 Mei.

Tiga Produk Pemuda Kreatif yang Dikirim Kemenpora di Ajang TUTTOFOOD Milan 2023 Disambut Positif Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda telah mengirimkan delegasi pemuda kreatif dan mandiri untuk berpartisipasi pada event dan expo internasional, pameran produk makanan terbesar di Eropa, TUTTOFOOD di Milan, Italia, 8 sampai 11 Mei.(foto:istinewa)

Milan: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda telah  mengirimkan delegasi pemuda kreatif dan mandiri untuk  berpartisipasi pada event dan expo internasional, pameran produk makanan terbesar di Eropa, TUTTOFOOD di Milan, Italia, 8 sampai 11 Mei. 

Pada Pameran kali ini Kementerian Pemuda dan Olaraga Republik Indonesia mengirim 3 (Tiga) pemuda kreatif dan mandiri sub ekonomi kreatif bidang kuliner binaan Asdep Potensi Kemandirian Pemuda yaitu : Snazyboom yang menampilkan produk Jajanan Tradisional Indonesia (Rambut Nenek) yang dikemas secara modern dan sudah memiliki sertifikasi halal. Netisane menampilkan produk Tea yang berasal dari kulit buah kopi / Cascara. BepahKupi menampilkan produk kopi asli Indonesia yang sudah mendunia (Kopi Arabica Gayo) dan juga Kopi Luwak.

Pada hari pertama kegiatan TUTTOFOOD Milano 2023 berlangsung, terjadi Nilai Order yang dapat dibukukan sementara untuk ketiga produk diatas adalah senilai 6,9 Juta Euro atau lebih dari 112,6 Milyar Rupiah dan Potential Order sebesar 10,8 Juta Euro atau lebih dari 176 Milyar Rupiah dimana order terbesar terjadi atas produk Kopi Arabica untuk memenuhi kebutuhan di negara Israel, Spanyol, Perancis, Irak , Kuwait dan Italia sendiri sebagai negara tempat diselenggarakannya pameran TUTTOFOOD Milano 2023.

Booth Indonesia sendiri terletak di Hall 1, No. F31 dan merupakan satu satunya perwakilan dari negara Asia Tenggara yang hadir berpartisipasi pada pameran bergengsi TUTTOFOOD Milano 2023. 

Endang Hadiputro, Marketing Director Indonesia American Chamber of Commerce yang hadir pada acara tersebut menyampaikan, “Kami apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Kemenpora untuk mendukung usaha generasi muda masuk kancah internasional, dan kami siap membantu para pemuda kreatif lainnya untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas lagi.” Lebih lanjut Endang berharap agar order yang sudah didapatkan peserta pameran Tuttofood Milan 2023 segera terealisasi dan meminta agar mereka untuk menindaklanjuti lead / order yang sudah diterima tersebut dengan sebaik-baiknya

Selain merupakan bentuk penghargaan terhadap para pemuda kreatif berprestasi,  pengiriman delegasi Kemenpora berkontribusi terhadap penguatan potensi kemandirian pemuda dan pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) khususnya indikator Tingkat Pengangguran serta sebagai upaya memperluas jejaring internasional.

 “Saya memandang Keikutsertaan Delegasi Indonesia dalam kegiatan ini sangat strategis sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam membangun kemandirian pemuda melalui penumbuhan kreativitas pemuda”, ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah.

Ketiga produk yang ditampilkan kali ini sukses menarik minat para buyers, perusahaan asal Malaysia yang memesan produk Snazzyboom, Netisane dan BepahKupi dalam jumlah besar untuk kebutuhan di pasar Eropa dan Timur Tengah.

“Produk kreatif pemuda Indonesia dapat diterima dengan baik oleh pasar global, Saya berharap agar hal ini menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk aktif menggali potensi diri dalam membangun peluang usaha di berbagai bidang industri kreatif," tambah Asdep Potensi Kemandirian Pemuda, Tri Winarno.(dok)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN