Menpora Dito Ingin HSP ke-96 Tahun 2024 Jadi Motivasi Pemuda untuk Berperan Aktif Membangun Bangsa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin rapat persiapan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 Tahun 2024 yang berlangsung di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (15/10).

Menpora Dito Ingin HSP ke-96 Tahun 2024 Jadi Motivasi Pemuda untuk Berperan Aktif Membangun Bangsa Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin rapat persiapan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 Tahun 2024 yang berlangsung di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (15/10). (foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin rapat persiapan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 Tahun 2024 yang berlangsung di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (15/10). 

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kemenpora, Gunawan Suswantoro, serta sejumlah pejabat tinggi Kemenpora lainnya. Mereka membahas peringatan HSP yang akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di depan anjungan Yogyakarta, pada 28 Oktober mendatang.

Dalam laporan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Raden Isnanta, HSP 2024 diproyeksikan sebagai ajang untuk mendorong pemuda Indonesia bertransformasi menuju generasi unggul. 

"HSP 2024 akan menjadi momentum penting bagi pemuda Indonesia untuk berkontribusi nyata dalam mewujudkan cita-cita bangsa," tegas Isnanta.

Tidak hanya seremonial, HSP kali ini akan mengusung pesan penting. Isnanta menyampaikan tiga pesan tersebut. Pertama, kolaborasi pentahelix. Pemerintah akan bekerja sama dengan komunitas/organisasi, media, pakar, dan praktisi sukses.

Kedua, lanjutnya, generasi Indonesia Emas 2045. Isnanta menekankan pentingnya pemuda Indonesia siap menjadi generasi yang membawa bangsa ini menuju puncak kejayaan pada tahun 2045. 

"Ketiga, pemuda sebagai bibit masa depan. Pemuda sebagai sumber kehidupan dan keberlangsungan bangsa di masa depan,"  katanya.

HSP 2024 juga akan menyuguhkan penampilan menawan seniman pasir yang akan menggambarkan perjalanan pemuda Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045, diiringi dengan puisi dan permainan biola. 

Penampilan ini dipastikan akan menyentuh hati dan memberikan inspirasi tentang pentingnya kesehatan dan nutrisi bagi pemuda yang siap menghadapi dunia.

Sebagai puncak peringatan, pemerintah akan memberikan penghargaan bagi para pemuda berprestasi nasional dan internasional dari berbagai bidang, seperti seni budaya, kepemimpinan, Kepeloporan, kewirausahaan, hingga prestasi global lainnya.

Dalam rapat tersebut, Menpora Dito menyampaikan pentingnya Hari Sumpah Pemuda sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dan semangat kebangsaan. 

"Kami ingin memastikan bahwa Hari Sumpah Pemuda ini menjadi momentum yang memotivasi pemuda untuk terus berperan aktif dalam pembangunan bangsa," ujar Menpora Dito. (rep)

BAGIKAN :
PELAYANAN