Kemenpora Ingin Peparnas XVII Solo 2024 Jadi Ajang Cari Atlet Potensial

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 menjadi ajang mencari atlet potensial. Atlet terbaik diharap bisa menjadi andalan Merah Putih di panggung internasional.

Kemenpora Ingin Peparnas XVII Solo 2024 Jadi Ajang Cari Atlet Potensial Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 menjadi ajang mencari atlet potensial. Atlet terbaik diharap bisa menjadi andalan Merah Putih di panggung internasional. (foto:herry/kemenpora.go.id)

Surakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menyampaikan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 menjadi ajang mencari atlet potensial. Atlet terbaik diharap bisa menjadi andalan Merah Putih di panggung internasional. 

Demikian disampaikan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono di Media Center Peparnas Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (13/10). Pemerintah bersama stakeholder akan memetakan bakat-bakat atlet yang bersaing di Peparnas.

“Kita petakan atlet-atlet yang berbakat. Sasaran utama kita adalah Paralimpiade,” ujar Deputi Surono. 

Menurut Deputi Surono, Peparnas juga memberi kesempatan kepada para atlet Tanah Air untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mereka yang terpilih nantinya akan menjalani pemusatan latihan.

“Pola pembinaan yang bagus akan menghasilkan atlet yang hebat. Untuk itu kami memiliki parameter yang jelas untuk menghasilkan atlet yang baik, kita siapkan pemusatan latihan demi mencapai target Paralimpiade,” jelasnya.

Disamping itu, Deputi Surono mengapresiasi kelancaran pelaksanaan Peparnas XVII. Menurutnya, secara keseluruhan berjalan dengan lancar. 

“Penyelenggaraan Peparnas ini luar biasa. Semua atlet terlayani dengan baik. Fasilitas dan sarana prasarana juga sangat baik dan standar internasional,” terang Deputi Surono.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto turut menyebut ada 144 rekor nasional dan empat rekor tingkat Asia pada PEPARNAS XVII Solo 2024. 

Capaian tersebut merupakan sebuah prestasi atlet emas Indonesia atas potensi yang dimiliki di tengah keterbatasan. Hal itu juga mendukung adanya regenerasi atlet difabel untuk menggali potensi bagi yang baru.

“Sukses regenerasi yang benar-benar kita dapatkan di Peparnas XVII Solo, jadi sesuai kualifikasi ini kita bisa jadi catatan ke depannya untuk memperbanyak atlet baru yang memiliki potensi besar untuk ditingkatkan ke depannya,” pungkas Rima. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN