IADO Kirim 92 Sampel Urine Atlet Peparnas 2024 ke Bangkok

Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) telah mengambil 92 sampel urine atlet yang berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024. Sampel itu dikirim ke Bangkok, Thailand untuk diperiksa.

IADO Kirim 92 Sampel Urine Atlet Peparnas 2024 ke Bangkok Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) telah mengambil 92 sampel urine atlet yang berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024. Sampel itu dikirim ke Bangkok, Thailand untuk diperiksa.(foto:herry/kemenpora.go.id)

Surakarta: Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) telah mengambil 92 sampel urine atlet yang berlaga di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024. Sampel itu dikirim ke Bangkok, Thailand untuk diperiksa.

“Sejauh ini ada 92 sampel dari para atlet. Sebagian sudah dikirim ke Bangkok. Atlet yang diambil sampelnya itu hanya para juara,” ujar Ketua Umum IADO Gatot S. Dewa Broto dalam jumpa pers di Media Center Peparnas 2024, Surakarta, Jawa Tengah (11/10). 

Gatot mengatakan, sampel pengujian dilakukan untuk memeriksa kandungan doping yang bisa saja digunakan. Dia berharap seluruh atlet yang diambil sampelnya itu negatif atau bebas dari doping. 

“Tentu harapan kami di Peparnas ini tidak ada doping,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Gatot menyampaikan pihaknya menargetkan pengujian sampel untuk 130 atlet. IADO akan melakukan uji sampel sesuai target yang telah ditentukan itu.

Langkah tersebut, kata dia guna memastikan penyelenggaraan pesta olahraga disabilitas terbesar di Indonesia ini berjalan sesuai dengan regulasi anti-doping internasional.

Disamping itu, Gatot juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada para atlet mengenai regulasi anti-doping. Dia pun yakin Peparnas XVII tertib dalam mematuhi anti-doping yang berlaku.

“Kami percaya bahwa para atlet yang berlaga di Peparnas sangat tertib untuk hal itu. Sampai saat ini tak ada penolakan terkait sampel, mereka sangat kooperatif,” pungkasnya. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN