Tim Jatim Tambah Tiga Medali Emas dari Cabor Selam Kolam PON XXI-Aceh Sumut 2024

Kontingen Provinsi Jawa Timur kembali berhasil menambah medali emas dalam pertandingan selam kolam PON XXI-Aceh Sumut 2024 di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Kamis (12/9) sore.

Tim Jatim Tambah Tiga Medali Emas dari Cabor Selam Kolam PON XXI-Aceh Sumut 2024 Kontingen Provinsi Jawa Timur kembali berhasil menambah medali emas dalam pertandingan selam kolam PON XXI-Aceh Sumut 2024 di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Kamis (12/9) sore. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Banda Aceh: Kontingen Provinsi Jawa Timur kembali berhasil menambah medali emas dalam pertandingan selam kolam PON XXI-Aceh Sumut 2024 di Kolam Tirta Raya, Banda Aceh, Kamis (12/9) sore. 

Atlet selam kolam Jatim Wahyu Anggoro Tamtomo membawa Jawa Timur berjaya di nomor 50m surface putra dengan catatan waktu tercepat 15,21 detik demi menyabet medali emas.

Wahyu mengungguli wakil Jawa Barat I Putu Bayu Ardhya Satrio yang meraih medali perak setelah membukukan waktu 16,83 detik dan wakil Bali Bramundito Anugerah Hidayat yang berkalung perunggu seusai mencatatkan waktu 16,88 detik.

Tak hanya menambah perolehan medali emas PON XXI untuk kontingen Jawa Timur, catatan waktu 15,21 detik juga membuat Wahyu memecahkan dua rekor 50m surface putra atas namanya sendiri. Wahyu menajamkan rekor nasional yang sebelumnya ia bukukan pada 2023 dengan catatan waktu 15,50 detik dan rekor PON yang ia raih dalam PON XX Papua 2021 dengan catatan waktu 15,77 detik.

Untuk sektor putri, medali emas nomor 50 meter surface untuk Jawa Timur dipersembahkan oleh Janis Rosalita Suprianto seusai berhasil finis tercepat dengan torehan waktu 17,86 detik.

Aksi Janis pada laga tersebut mengungguli Ista Wirya Ardhiani wakil DKI Jakarta yang menoreh waktu 18,69 detik dan Ashifa Helsa Ashuroh asal Jawa Tengah di posisi ketiga dengan catatan waktu 19,26 detik.

Dalam laga ini, Janis juga berhasil memecahkan rekor nasional selam 50m surface putri atas dirinya sendiri yang pernah diciptakan saat SEA Games Kamboja pada 2023 dengan catatan waktu 17,89 detik.

Sekaligus Janis memecahkan rekor PON selam 50m surface putri yang diciptakan Angeline Soegiarto dengan catatan waktu 19,54 detik pada PON Papua 2021.

Emas nomor 50m surface tersebut merupakan emas kedua bagi Janis pada PON XXI Aceh-Sumut. Sebelumnya, Janis meraih emas pada nomor 100 meter surface dengan catatan waktu 40,12 detik. "Puji Tuhan senang sih, bisa dapat emas yang kedua di hari kedua ini," kata Janis.

Tambahan emas ketiga tim Jawa Timur datang dari Muhammad Amirullah Al Farizi di nomor 200 meter putra Surface dengan catatan waktu 1: 24: 56 detik. Sementara medali perak diraih atlet asala DKI Jakarta. Muhammad Zidan dengan waktu 1:27:90 detik, dan medali perunggu diraih atlet I Putu Bayu dengan waktu 1:29:87 detik. 

Yang menarik atlet asal Aceh Muhammad Iqbal kembali menyumbang satu medali emas untuk Aceh pada cabang olahraga Selam Kolam nomor pertandingan 200 meter bifins putra.

Muhammad Iqbal kini sudah mengemas dua medali emas untuk Aceh dari cabor Selam Kolam. Sebab, sehari sebelumnya ia finish di urutan pertama pada nomor pertandingan 400 meter bifins putra.

Iqbal mengucapkan rasa syukur karena kembali berhasil menyumbang medali emas untuk Aceh. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memfasilitasi para atlet untuk bertanding di cabor Selam Kolam tersebut.

“Saya sangat bangga, karena kemarin saya sudah menyumbang emas pertama kali untuk Aceh, dan hari ini kembali mendapat emas di nomor berbeda,” kata Iqbal.(amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN