Tim Panjat Tebing Putra Sumut Buat Kejutan Sabet Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Nomor Speed Relay Putra

Tim Panjat Tebing Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil membuat kejutan dengan berhasil meraih medali emas pada Nomor Speed Relay Putra dengan berhasil mengalahkan Jawa Tengah di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Minggu (8/9) sore.

Tim Panjat Tebing Putra Sumut Buat Kejutan Sabet Medali Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Nomor Speed Relay Putra Tim Panjat Tebing Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil membuat kejutan dengan berhasil meraih medali emas pada Nomor Speed Relay Putra dengan berhasil mengalahkan Jawa Tengah di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Minggu (8/9) sore. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Banda Aceh: Tim Panjat Tebing Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil membuat kejutan dengan berhasil meraih medali emas pada Nomor Speed Relay Putra dengan berhasil mengalahkan Jawa Tengah di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, Minggu (8/9) sore.   

Tim Sumut yang terdiri dari Busan M Rifki Inzaghi Sitorus Pane, Rian Gordon Sitorus, dan Gleen Bakri, pertama kali bertemu Aceh di delapan besar final Speed Relay Putra. 

Meski bermain melawan tim tuan rumah, tidak membuat Inzaghi Sitorus ciut. Terbukti, mereka mencatatkan waktu 16,550 detik serta mengungguli Surya Gusfian, Iqbal Hakim, dan Fardhan Bihablillah dari Aceh yang mencatat 18,815 detik. 

Kemenangan itu membuat Inzaghi Sitorus, Rian Gordon, dan Gleen Bakri, berhak melaju ke empat besar final Speed Relay Putra. Tim Sumut kembali membuat kejutan di empat besar saat melawan Kalimantan Barat yang dipimpin Veddriq Leonardo. 

Mereka berhasil membuat langkah kontingen yang diperkuat atlet peraih medali Olimpiade Paris 2024 itu berhenti.Kerja sama Inzaghi Sitorus, Rian Gordon, dan Gleen Bakri mencatatkan waktu 16,702 detik. 

Sedangkan Tim Kalimantan Barat yang diperkuat Veddriq Leonardo, Ryan Ramadhani, dan Donny Kurniawan hanya bisa mencatatkan waktu 16,629 detik.Hasil itu membuat anak-anak panjat tebing dari Sumut tersebut berhak masuk dua besar atau babak grand final.

Di babak grand final, Sumut berjumpa dengan Jawa Tengah untuk memperebutkan medali emas dan perak. Sedangkan di laga lain, Kalimantan Barat berhadapan dengan Jawa Barat untuk perunggu.

Inzaghi Sitorus, Rian Gordon, dan Gleen Bakri lagi-lagi harus membuat lawannya kecewa. Mereka lebih cepat dari tim Jawa Tengah yang diperkuat Alfian Muhammad Fajri, Aditya Tri Syahria, dan Kiromal Katibin. Sumut mencatat waktu 15,846 detik dan berhak mendapatkan medali emas. Kemudian Jawa Tengah yang meraih perak, mencatatkan waktu 16,460 detik. 

Sementara di perebutan juara ketiga, Kalimantan Barat dan Jawa Barat mencoba saling adu cepat. Namun, Kalimantan Barat yang dimotori Veddriq Leonardo masih lebih cepat dari Jawa Barat. Veddriq Leonardo dan kawan-kawan mencatatkan waktu 16,783 detik. Sedangkan Jawa Barat yang diperkuat Muhammad Iqbal Kamran, Alpian Zuri, dan Rahajati Nursyamsa, mencatat 18,866 detik.(amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN