Kemenpora Bertekad Pertahankan Peringkat Nasional pada Penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024 oleh KIP

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bertekad mempertahankan peringkat nasional pada penilaian Keterbukaan Informasi Publik tahun 2024 yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Umum, Triyono pada Rapat Evaluasi Tengah Tahun PPID dan Reviu Pengesahan Daftar Informasi Publik (DIP).

Kemenpora Bertekad Pertahankan Peringkat Nasional pada Penilaian Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024 oleh KIP Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bertekad mempertahankan peringkat nasional pada penilaian Keterbukaan Informasi Publik tahun 2024 yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Umum, Triyono pada Rapat Evaluasi Tengah Tahun PPID dan Reviu Pengesahan Daftar Informasi Publik (DIP).(foto:herry/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bertekad mempertahankan peringkat nasional pada penilaian Keterbukaan Informasi Publik tahun 2024 yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Umum, Triyono pada Rapat Evaluasi Tengah Tahun PPID dan Reviu Pengesahan Daftar Informasi Publik (DIP).

"Kita belajar dari evaluasi tahun lalu terkait dengan PPID, ada hal-hal yang perlu kita siapkan untuk evaluasi yang akan dilakukan oleh teman-teman dari KIP," kata Karo Triyono di ruang rapat lantai 3 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7) petang.

Terkait penilaian itu, lanjut Karo Triyono, pihaknya bertekad mempertahankan evaluasi PPID (Peringkat 5) dan harus lebih baik. Evaluasi itu menjadi ajang untuk memperbaiki Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang akan dilakukan mulai bulan September 2024 mendatang.

"Target kita selanjutnya karena penilaian pertama KIP kita di angka 5 nah kita harus bisa mempertahankan, karena di penilaian kedua ini lebih berat. Kenapa lebih berat, karena penilaian pertama kita sudah mendapat peringkat 5 dan kedepan kita harus bisa mempertahankan ini." ujarnya.

Menurut Triyono selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemenpora, diperlukan beberapa inovasi-inovasi baru yang lebih baik untuk pelayanan Kemenpora RI di tengah masyarakat.

"Kedepan yang akan kita lakukan untuk evaluasi kita harus membuat beberapa inovasi-inovasi perbaikan yaitu harus memunculkan ide-ide baru ataupun layanan baru yang bisa memberikan dan mendongkrak untuk penilaian evaluasi KIP," jelas Triyono.

"Dengan kita memunculkan inovasi-inovasi yang ada, sehingga kedepan yang dimulai September kita bisa menanjaklah di peringkat 3 atau 2, harapan kita seperti itu," jelasnya.

Ia melanjutkan, Daftar Informasi Publik (DIP) yang ada di Kemenpora, saat ini ada beberapa evaluasi yang harus segera diselesaikan secepatnya. Dirinya berharap hal itu bisa segera dilaksanakan. 

"Kemudian terkait apa yang harus kita kerjakan, khususnya terkait dengan Daftar Informasi Publik (DIP) yang ada di Kemenpora yang harusnya kita sudah tetapkan karena ada evaluasi yang akan kita perbaiki sehingga DIP ini kita harapkan minggu ini bisa selesai," harapnya.

"Saat ini sedang kita siapkan ada beberapa usualan untuk inovasi semoga ini bisa kita kejar didalam beberapa bulan kedepan. Jika evaluasi ini bisa diselesaikan kita yakin kedepan untuk evaluasi KIP kita bisa memberikan yang terbaik untuk Kemenpora," imbuhnya.

"Dalam rapat ini juga ada koreksi dari teman-teman di biro dan inspektorat yang nantinya DIP ini bisa dikelola dengan baik dan ini kalau menjadi permintaan masyarakat kita memberikannya secara baik dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya. 

Turut hadir, Inspektur Kemenpora Agus Widaryanto, Kepala Biro SDMO Yayat Suyatna, Sesdep Pembudayaan Olahraga Aris Subiyono serta beberapa pejabat dan staf terkait dari kedeputian, biro dan inspektorat Kemenpora. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN