Menpora Dito Harap Pertukaran Pemuda Indonesia-Singapura 2024 Jadi Inspirasi Untuk Mencapai Potensi Maksimal Diri

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyambut kedatangan para delegasi Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) 2024 di Kemenpora, Jakarta, Senin (15/7).

Menpora Dito Harap Pertukaran Pemuda Indonesia-Singapura 2024 Jadi Inspirasi Untuk Mencapai Potensi Maksimal Diri Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyambut kedatangan para delegasi Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) 2024 di Kemenpora, Jakarta, Senin (15/7).(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyambut kedatangan para delegasi Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) 2024 di Kemenpora, Jakarta, Senin (15/7).

Dalam sambutannya, Menpora Dito menyampaikan pertukaran pemuda antar dua negara ini bisa menjadi inspirasi kaum milenial untuk mencapai potensi maksimal diri. Misalnya sebagai platform penting untuk mempromosikan pemahaman budaya dan kolaborasi sesama generasi muda. 

“Saya dengan senang hati menyambut Anda sekalian dalam program Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme,” kata Menpora Dito. 

Menurut Menpora Dito, para delegasi yang hadir ini merupakan calon pemimpin masa depan. Mereka dinilai punya tanggung jawab membina hubungan persahabatan dan kerja sama. Sehingga memastikan masa yang akan datang yang lebih cerah. 

“Penting untuk dicatat bahwa program ini berkontribusi langsung terhadap peningkatan indeks pembangunan pemuda Indonesia. Selama pertukaran, Anda akan mengembangkan keterampilan dan kompetensi penting termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, dan partisipasi pemuda,” ujar Menpora Dito.

Tak hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan paparan terhadap praktik terbaik dalam kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah. Kesemuanya itu terkait langsung dengan indeks pembangunan pemuda. 

“Program ini bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral kita dengan membina generasi pemimpin baru yang memahami dan menghargai nilai-nilai dan aspirasi bersama,” terang Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito mendorong semua delegasi guna memanfaatkan sepenuhnya program pertukaran pemuda ini. Seluruh delegasi diharap dapat saling berdiskusi, belajar antarsesama, dan membentuk hubungan yang bermakna. 

“Kolaborasi Anda sangat penting untuk masa depan yang baik. SIYLEP tahun ini juga mendorong semua peserta untuk memaksimalkan pengalaman Anda serta membangun hubungan dengan sesama delegasi dan komunitas lokal,” jelas Menpora Dito.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga berkomitmen penuh untuk mendukung inisiatif yang memberdayakan generasi muda kita. Kami sangat yakin dengan potensi Anda untuk memberikan dampak positif bagi dunia,” tambahnya. 

Sementara itu, Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono memaparkan, sejatinya program tersebut sudah berlangsung sejak 2017. 

“Ini juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan wawasan pemuda kedua negara dan mempererat hubungan kedua negara melalui pertukaran budaya dan pertemanan antarnegara,” sebutnya.

SIYLEP 2024 diikuti 30 peserta dari Indonesia dan 20 orang berasal Singapura dengan tema Green Earth, Sustainable Future. Tahun ini, para delegasi akan melaksanakan program fase Indonesia di Jakarta dan Kotabaru (Kalimantan Selatan) selama 9 hari, mulai dari 14-22 Juli 2024. (jef)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN