Kemenpora Apresiasi International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024, Jadi Ajang Pengembangan Bakat Atlet

Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono membuka International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (8/7).

Kemenpora Apresiasi International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024, Jadi Ajang Pengembangan Bakat Atlet Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono membuka International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (8/7). (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono membuka International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Senin (8/7). 

Deputi Surono mengapresiasi kejuaraan tersebut sebagai ajang pengembangan bakat atas pembinaan yang dilakukan oleh perguruan pencak silat di Tanah Air. Sehingga nantinya mereka akan disiapkan untuk kejuaraan SEA Games maupun Asian Games yang akan datang. 

“Adanya kejuaraan internasional usia muda seperti ini tentu akan lebih mudah untuk melakukan identifikasi terhadap atlet potensial yang ujungnya nanti kita siapkan untuk kejuaraan-kejuaraan internasional lainnya,” ujarnya. 

Deputi Surono mengatakan, pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karenanya, diharap olahraga seni bela diri ini kedepan bisa dipertandingkan di Olimpiade yang akan datang.

“Ini adalah usaha kita bersama agar bagaimana pencak silat bisa bertanding di Olimpiade. Pencak silat harus digemari diseluruh dunia dan Indonesia harus menjadi pionir pengembangannya,” terangnya. 

Lebih lanjut, Deputi Surono ingin International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 bisa berlangsung sukses dan lancar. Wasit juga diharap bertindak adil dalam memimpin laga. 

“Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas. Kami harap kolaborasi dengan federasi pencak silat Indonesia bisa terus lebih baik lagi,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, kejuaraan pencak silat ini penting untuk menambah jam terbang atlet dalam bertanding. 

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus pencak silat untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan perkembangan atlet. Mari sama-sama menata strategi untuk membuat jalan menuju Olimpiade. Saya harap dari sini akan lahir atlet masa depan untuk Indonesia,” bebernya. 

International Indonesian Student Pencak Silat Open Championship 2024 ini berlangsung pada 8-11 Juli. Kemudian dilanjutkan dengan 2nd International Indonesia Open Pencak Silat Championship 2024 berlangsung 12-16 Juli. 

Ajang ini diikuti 4 ribu atlet. Adapun negara yang ikut berpartisipasi selain Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Amerika dan Brunei Darussalam. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN