Sesmenpora Nilai Kemenpora RI Sudah Jadi yang Tercepat Merespons Pengaduan Masyarakat Melalui SP4N-LAPOR!

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menjadi yang tercepat dalam merespons pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Sesmenpora Nilai Kemenpora RI Sudah Jadi yang Tercepat Merespons Pengaduan Masyarakat Melalui SP4N-LAPOR! Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menjadi yang tercepat dalam merespons pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). (foto:herry/kemenpora.go.id)

Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menjadi yang tercepat dalam merespons pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional/Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). 

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) RI Gunawan Suswantoro saat membuka Diskusi Kelompok Terpumpun Pengelolaan Informasi Publik dan Pengaduan Masyarakat Kemenpora Tahun Anggaran 2024, Senin (24/6) malam di Swiss-Belinn Bogor.

Sesmenpora mengatakan, Kemenpora sebagai badan publik memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai bidangnya. Termasuk dalam hal pertanyaan dan permintaan informasi dari masyarakat, salah satunya yang masuk melalui SP4N-LAPOR!. 

“Sebagai pelayan masyarakat yang ada di dalam badan publik Kementerian Pemuda dan Olahraga, sudah sewajarnya kita melayani masyarakat terkait dengan kepemudaan dan keolahragaan. Saya perlu mengingatkan bahwa kita tidak bisa terlepas dari pertanyaan atau permintaan informasi yang ada menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Sesmenpora Gunawan kepada para peserta yang hadir.

Menurut Sesmenpora, dalam keterbukaan informasi publik ini, Kemenpora telah berproses ke arah yang lebih baik. Hal ini menurut Sesmenpora Gunawan patut disyukuri, apalagi berdasarkan laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kemenpora sudah mampu menjadi pelayan yang terbaik dalam SP4N-LAPOR!.

Kemenpora, sambung Sesmenpora, disebut tercepat dalam merespon aduan masyarakat yang masuk ke dalam SP4N-LAPOR!. Dalam beberapa jam saja Kemenpora sudah menanggapi setiap pengaduan yang masuk. Artinya Kemenpora sudah mampu menunjukkan responsif terhadap semua aduan masyarakat. 

“Ini harus menjadi kebanggaan kita semuanya seluruh pegawai Kemenpora, alhamdulillah sekarang bisa tercepat dalam merespon pengaduan masyarakat,” ujar Sesmenpora.

Diuraikan, Kemenpora pada 2023 silam mendapatkan predikat informatif dan menduduki peringkat kelima secara nasional dalam monitoring dan evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Pada 2024 ini, Sesmenpora memiliki target Kemenpora bisa masuk tiga besar. 

“Mudah-mudahan dengan kita kolaborasi antarkedeputian dan juga sekretariat, kita mampu menunjukkan pelayanan yang lebih baik,” tutur Sesmenpora Gunawan. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN