Menpora Dito Pimpin Rakor Persiapan Aquabike World Championship Lake Toba 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan Aquabike World Championship Lake Toba 2023 di Lantai 10 Graha Kemenpora, Kamis (9/11) sore. Rapat ini dihadiri para kepala daerah yang menjadi tuan rumah ajang olahraga air dunia ini.

Menpora Dito Pimpin Rakor Persiapan Aquabike World Championship Lake Toba 2023 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan Aquabike World Championship Lake Toba 2023 di Lantai 10 Graha Kemenpora, Kamis (9/11) sore. Rapat ini dihadiri para kepala daerah yang menjadi tuan rumah ajang olahraga air dunia ini.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan Aquabike World Championship Lake Toba 2023 di Lantai 10 Graha Kemenpora, Kamis (9/11) sore. Rapat ini dihadiri para kepala daerah yang menjadi tuan rumah ajang olahraga air dunia ini.

Sebagai ketua panitia nasional penyelenggara Aquabike World Championship Lake Toba, Menpora menanyakan kepada para kepala daerah perihal progres persiapan acara. Khususnya perihal dukungan pada klaster-klaster krusial meliputi medis dan keselamatan, pengaman, infrastruktur, lingkungan hidup, media dan komunikasi, hingga transportasi.

“Dengan Injourney koordinasinya bagaimana?” tanya Menpora Dito perihal koordinasi para kepala daerah dengan InJourney selaku penyelenggara.

Para kepala daerah yang didampingi kepala dinas kepemudaan dan keolahragaan setempat lantas menjelaskan perihal koordinasi yang telah dilakukan. Secara umum koordinasi berlangsung dengan baik. Walaupun masih terdapat beberapa persoalan yang perlu segera diselesaikan mengingat waktu penyelenggaraan event tinggal hitungan hari. 

Salah satunya yaitu kendala dalam mencari artis top tanah air untuk memeriahkan acara. Menpora Dito pun langsung gerak cepat dengan membantu menghubungkan artis penyanyi atau grup band untuk mengisi rangkaian acara Aquabike World Championship yang bakal memiliki sederet side event.

“Pastinya event Aquabike World Championship akan dimeriahkan artis kenamaan Indonesia,” tegas Menpora.

Sementara itu Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Surono yang mendampingi Menpora menyimpulkan, pada prinsipnya semua kepala daerah siap untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Hanya saja ada beberapa hal yang menjadi perhatian yang bisa dikomunikasikan lebih lanjut dengan pihak penyelenggara.

Kemenpora dalam hal ini juga menanyakan komitmen para kepala daerah dalam penyediaan sarana prasarana pendukung. Meliputi penginapan hingga penyediaan toilet dan kamar mandi. 

“Dari Pak Menteri ingin memastikan koordinasinya, menginginkan komitmennya supaya saat pelaksanaan bisa berjalan baik. Kalau secara teknis nanti Injourney akan mengampu,” tegas Surono.

Aquabike World Championship Lake Toba 2023 sendiri bakal berlangsung enam hari pada 22-26 November diikuti 25 tim dari berbagai negara. Lokasinya pada empat kabupaten di sekitar Danau Toba yaitu Kabupaten Toba, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN