Menpora Dito Lepas Timnas Indonesia yang Akan Berlaga di Homeless World Cup 2023 Amerika

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo secara resmi melepas Tim Nasional Indoesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2023 di Sacramento, Amerika Serikat. Pelepasan kontingen Merag Putih ini berlangsung di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7).

Menpora Dito Lepas Timnas Indonesia yang Akan Berlaga di Homeless World Cup 2023 Amerika Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo secara resmi melepas Tim Nasional Indoesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2023 di Sacramento, Amerika Serikat. Pelepasan kontingen Merag Putih ini berlangsung di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7) malam.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo secara resmi melepas Tim Nasional Indoesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2023 di Sacramento, Amerika Serikat. Pelepasan kontingen Merag Putih ini berlangsung di Media Center Kemenpora, Jakarta, Rabu (5/7). 

"Kita melepas kontingen Indonesia yang akan mengikuti Homeless World Cup tahun ini. Ini adalah kejuaraan dunia untuk individu yang mengalami kondisi kurang beruntung secara sosial," kata Menpora Dito. 

Menpora Dito optimis Timnas Indonesia akan meraih prestasi di ajang turnamen tersebut. Sebab, Indonesia pernah menduduki posisi keempat. Oleh karenanya, pada tahun ini Indonesia membidik target juara. 

"Jumlah negara yang berpartisipasi sebanyak 44 negara. Terakhir HWC dilaksanakan di Wales pada 2019 sebelum terhenti karena pandemi Covid-19. Ini adalah targetnya juara," ujar Menpora Dito. 

Guna meraih target tersebut, Menpora Dito meminta agar seluruh pemain dan pelatih untuk berjuang semaksimal mungkin. Kemudian juga bermain dengan sepenuh hati demi mencetak prestasi.

"Selamat bertanding, kalian berjuang demi Merah Putih di event dunia. Saya harap kalian bisa berjuang sepenuh hati dan meraih prestasi untuk kebanggaan Indonesia," jelas Menpora Dito. 

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Rumah Cemara, Ardhany Suryadarma menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Menpora Dito. Dia bilang, tim Indonesia sudah siap untuk bersaing dengan negara lain. 

"Terima kasih kepada bapak Menpora atas dukungannya sehingga Timnas Indonesia bisa berangkat mengikuti Homeless World Cup 2023 di Sacramento. Dengan waktu yang ada kami sudah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin," terangnya. 

Homeless World Cup merupakan turnamen tahunan sepak bola jalanan sedunia dengan misi perubahan sosial. Ajang ini memberi kesempatan bagi individu dengan kondisi kurang beruntung untuk menunjukkan kemampuan, membangun rasa percaya diri, dan mengubah hidup melalui sepak bola.

Diajang HWC 2023, tim Merah Putih membawa visi Indonesia tanpa stigma dengan tema fairness in opportunity atau keadilan dalam meraih kesempatan. Melalui tema itu, Indonesia ingin memberi inspirasi dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan dan keadilan dalam masyarakat. 

Selama di Sacramento, Indonesia akan bertanding melawan tim-tim dari seluruh dunia. Semua tim tidak hanya berkompetisi untuk mengejar prestasi, tapi juga memupuk rasa persatuan dan kebersamaan. Kompetisi tahun ini akan berlangsung dari 8-16 Juli 2023.

Sementara itu, Rumah Cemara adalah organisasi komunitas yang memimpikan Indonesia tanpa stigma dan diskriminasi, dimana semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju. RUmah Cemara menjadi national organizer untuk HWC. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN