Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Final SEA Games 2023 Kamboja

Timnas Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja. Hasil ini didapat skuat Garuda setelah menang dramatis 3-2 atas Vietnam di laga semifinal, meski harus main dengan 10 orang saat pertengahan babak kedua.

Menang Dramatis 3-2 Atas Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Final SEA Games 2023 Kamboja Timnas Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja. Hasil ini didapat skuat Garuda setelah menang dramatis 3-2 atas Vietnam di laga semifinal, meski harus main dengan 10 orang saat pertengahan babak kedua.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Phnom Penh: Timnas Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja. Hasil ini didapat skuat Garuda setelah menang dramatis 3-2 atas Vietnam di laga semifinal, meski harus main dengan 10 orang saat pertengahan babak kedua.

Pertandingan semifinal Indonesia kontra Vietnam digelar di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5). Gol Indonesia dicetak Komang Teguh, Muhammad Ferrari, dan Taufani Muslihuddin. 

Indonesia sudah unggul di menit ke-10. Pratama Arhan  melakukan lempran jauh, lalu bolanya disundul oleh Komang Teguh. Quan Van Chuan tak mampu menepisnya. 1-0 untuk Indonesia. 

Vietnam kemudian merespons. Tak lama berselang mereka mampu menyamakan kedudukan lewat Nguyen Van Yung. Sundulan yang dilakukan tak bisa ditepis oleh kiper Ernando. 

Situasi ini membuat jalannya pertandingan memanas. Saat injury time, Alfreandra Dewangga bersitegang dengan Vo Minh hingga akhirnya mendapat kartu kuning. Skor 1-1 hingga turun minum. 

Kembali dari kamar ganti, pasukan Indra Sjafri langsung mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-53 Muhammad Ferrari sukses bikin gol usai membelokkan tendangan dari Marselino Ferdinan. Indonesia sementara memimpin 2-1.

Vietnam berusaha untuk mencari gol usai tertinggal. Mereka terus menekan. Indonesia sempat berada dalam tekanan setelah Pratama Arhan diusir wasit setelah melakukan pelanggaran.

Indonesia yang bermain dengan 10 orang tampak begitu sulit keluar dari tekanan lawan. Vietnam akhirnya bisa menyamakan skor 2-2. Menit ke-79 Bagas Kaffa salah mengantisipasi umpan silang Nguyen Ngoc dan berujung gol. 

Meski kalah jumlah pemain, Indonesia tetap tampil solid. Beberapa kali kiper Ernando melakukan penyelamatan penting. Sehingga gawang Indonesia aman. 

Indonesia akhirnya mampu menyegel tiket final SEA Games tahun ini. Taufani Muslihiddin bikin gol kemenangan di masa injury time. Skor 3-2 menutup pertandingan tersebut. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN