Tak Hanya Sukses Jadi Tuan Rumah, Menpora Amali Ingin Prestasi Timnas Juga Harus Membanggakan di Piala Dunia U-20 Tahun 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan komitmennya mensupport dan mendukung PSSI dalam mempersiapkan Timnas U-19 menjelang keikutsertaannya pada Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia tahun 2023 mendatang. Menpora berharap selain sukses tuan rumah, timnas juga harus sukses prestasi.

Tak Hanya Sukses Jadi Tuan Rumah, Menpora Amali Ingin Prestasi Timnas Juga Harus Membanggakan di Piala Dunia U-20 Tahun 2023 Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan komitmennya mensupport dan mendukung PSSI dalam mempersiapkan Timnas U-19 menjelang keikutsertaannya pada Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia tahun 2023 mendatang. Menpora berharap selain sukses tuan rumah, timnas juga harus sukses prestasi.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan komitmennya mensupport dan mendukung PSSI dalam mempersiapkan Timnas U-19 menjelang keikutsertaannya pada Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia tahun 2023 mendatang. Menpora berharap selain sukses tuan rumah, timnas juga harus sukses prestasi.

"Pemerintah tetap memberikan support kepada PSSI, karena yang bertanggungjawab terhadap prestasi timnas adalah PSSI. Sementara, penanggungjawab penyelenggaraannya adalah saya. Maka, kita dukung penuh pelatihannya dimana, try out kemana. Pelatihnya siapa, itu semua kita support," jelas Menpora Amali saat Wawancara program 'Sapa Indonesia Malam' Kompas TV live dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8) malam.

Dijadwalkan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang. Sejatinya kompetisi ini dilaksanakan tahun 2021 lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang belum reda, maka FIFA membatalkan pelaksanaannya hingga tahun 2023 dengan Indonesia tetap menjadi tuan rumahnya.

"Sejak 2021 pemerintah telah menyiapkan. Awalnya ini tahun 2021 tapi karena pandemi FIFA memundurkan hingga 2023. Bahkan timnas yang kita siapkan dan kita training center (TC) kan di Kroasia dan beberapa tempat, sayangnya mereka sekarang sudah tidak bisa turun karena usianya sudah lewat," urai Menpora Amali.

Menpora Amali berharap, Indonesia tak hanya mampu menjadi tuan rumah yang baik. Namun, prestasi timnas sepakbola juga mampu unjuk gigi pada kejuaraan bergengsi itu.

"Jadi, kita siapkan betul. Kita tidak mau kita lolos hanya sebagai tuan rumah, tetapi begitu babak penyisihan kita tidak bisa berbicara banyak. Itu yang disiapkan karena kita akan bertemu dengan tim-tim besar dan negara-negara yang tradisi sepakbolanya sudah sangat luar biasa seperti Eropa dan Amerika Latin," ucap Menpora Amali.

Menpora Amali mengatakan, setidaknya akan ada 23 negara yang akan datang dan bermain pada Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang. Menpora kembali berharap selain menjadi tuan rumah yang sukses penyelenggaraan, prestasi timnas sepakbola juga mampu berbicara.

"Dan sebanyak 23 negara atau 24 negara termasuk Indonesia, akan bermain dan datang ke Indonesia. Insha Allah kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mudah mudahan prestasi timnas U-19 kita memperlihatkan prestasi yang baik pula," pungkas Menpora Amali.(ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN