Buka Musyawarah Paripurna Apkori, Menpora Amali Apresiasi dan Terima Kasih atas Kontribusi Profesor Keolahragaan dalam Penyusunan DBON

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Musyawarah Paripurna Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) secara virtual dari kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (3/8). Musyawarah Paripurna Apkori sendiri digelar di Student Center, Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Buka Musyawarah Paripurna Apkori, Menpora Amali Apresiasi dan Terima Kasih atas Kontribusi Profesor Keolahragaan dalam Penyusunan DBON Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Musyawarah Paripurna Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) secara virtual dari kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (3/8). Musyawarah Paripurna Apkori sendiri digelar di Student Center, Universitas Negeri Surabaya (Unesa).(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Musyawarah Paripurna Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) secara virtual dari kantor Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (3/8). Musyawarah Paripurna Apkori sendiri digelar di Student Center, Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Dalam sambutannya, Menpora Amali menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Apkori atas sumbangsih dan kontribusinya dalam pembangunan keolahragaan di Indonesia. Terutama sumbangsih pemikiran dalam penyusunan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

“Pemerintah menaruh harapan besar terhadap Apkori dan sekaligus memberikan apresiasi terhadap sumbangsih dari bapak ibu-ibu para profesor keolahragaan yang telah banyak memberikan masukan, kontribusi pemikiran. Bahkan ada yang sudah langsung dengan implementasi (DBON) di lapangan. Sekali lagi atas nama pemerintah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada bapak dan ibu para profesor olahraga Indonesia,” kata Menpora Amali dalam sambutannya. 

Menpora Amali mengungkapkan, lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional ((DBON) dan Undang-Undang nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan tidak terlepas dari andil besar, kontribusi yang signifikan dan partisipasi aktif dari para profesor keolahragaan yang tergabung dalam Apkori.

Menpora Amali mengaku merasakan betul dukungan luar biasa yang diberikan para profesor keolahragaan baik secara institusional Apkori maupun individual. Menpora berharap sinergi antara pemerintah dan para professor olahraga tersebut terus dilakukan untuk mempercepat pembangunan olahraga nasional. 

“Tanpa kontribusi nyata, tanpa peran aktif dari bapak dan ibu para profesor olahraga, tentu apa yang sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden dan Bapak Wakil Pesiden sebagai program kerja di dalam kabinet. Kemudian kami di Kementerian Pemuda Olahraga tidak mungkin akan segera terwujud, tanpa peran serta dari para guru besar olahraga,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali mengingatkan bahwa tantangan kedepan semakin besar dan semakin kompleks khususnya di bidang keolahragaan. Dengan demikian, dia berharap para sarjana olahraga harus menjadi yang utama dan setara dengan keahlian-keahlian di bidang lainnya seperti guru besar ilmu ekonomi, guru besar ilmu teknik, ilmu kedokteran dan lain-lain.

“Kita tidak boleh kalah, karena urusan olahraga adalah urusan membangun sumber daya manusia. Maka peran bapak dan ibu sangat signifikan,” jelasnya.

Menpora Amali pun berharap Musyawarah Paripurna Apkori ini akan menghasilkan keputusan-keputusan dan melahirkan rekomendasi-rekomendasi yang bisa diberikan kepada pemerintah untuk menjadi dasar pembuatan kebijakan pemerintah. Khususnya di bidang keolahragaan dan umumnya untuk pembangunan sumber daya manusia yang maju, unggul, dan berkarakter. 

Disamping itu, Menpora juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Prof. Djoko Pekik Irianto selaku Ketua Umum Apkori dan jajaran pengurus selama dalam periode lima tahun telah menorehkan banyak prestasi.

“Saya tentu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pengurus yang dipimpin oleh Prof. Djoko Pekik Irianto atas segala upaya yang telah ditunjukan untuk memajukan dunia olahraga kita dan juga tentu apa yang sudah dihasilkan ini, program-programnya bisa diteruskan, diadaptasikan dengan perkembangan baru. Karena olahraga termasuk sektor yang setiap saat selalu berkembang, penemuan-penemuan baru dalam ilmu olahraga atau olahraga keseluruhan. Itu setiap saat ada pembaruan-kebaruan,” harapnya.

Hadir dalam Musyawarah Paripurna Apkori ini sejumlah guru besar dan professor olahraga antara lain Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd, Guru Besar di Fakultas Ilmu Olah Raga Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes, Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, M.A., Ph.D dan lainnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN