Menpora Amali Harap Pembinaan Olahraga di Tanah Air Merata dengan Adanya PON

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap pembinaan olahraga di Tanah Air merata seiring adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Atlet bisa mengukir prestasi setelah didukung adanya fasilitas olahraga yang memadai disetiap daerahnya.

Menpora Amali Harap Pembinaan Olahraga di Tanah Air Merata dengan Adanya PON Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap pembinaan olahraga di Tanah Air merata seiring adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Atlet bisa mengukir prestasi setelah didukung adanya fasilitas olahraga yang memadai disetiap daerahnya.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jayapura: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap pembinaan olahraga di Tanah Air merata seiring adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON). Atlet bisa mengukir prestasi setelah didukung adanya fasilitas olahraga yang memadai disetiap daerahnya.

“Pelaksanaan PON ini disebar (setiap provinsi) untuk pemerataan fasilitas olahraga di Indonesia. Dengan diselenggarakannya PON dan digilir tuan rumah, maka muncul bibit prestasi,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers kepada wartawan secara virtual dari Jayapura, Sabtu (16/10): 

Menurutnya, saat ini pemerataan atlet disetiap daerah sudah berimbang. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya atlet dalam skuat tim nasional dalam berbagai cabang olahraga. 

“Saya kira pada tim nasional pada berbagai cabang olahraga sudah berimbang. Sudah muncul yang mengisi di masing-masing cabor. Pembinaan olahraga juga harus didukung dengan sport science disetiap daerahnya,” ujar Menpora Amali.

Pada pelaksanaan PON XX Papua 2021, Menpora Amali mengapresiasi kontingen tuan rumah yang berhasil menduduki peringkat empat dalam klasemen. Ini menandakan atlet Papua mampu bersaing dengan daerah lain, yang mana kontingen dari Pulau Jawa pada sebelumnya mendominasi lima besar. 

“Kemunculan Papua sebagai peringkat empat ini luar biasa dengan segala upaya mereka. Mudah-mudahan ini menjadi tanda perbaikan sarana dan pembinaan diluar Pulau Jawa,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali meminta setiap daerah fokus dalam cabang olahraga yang menjadi unggulan. Sehingga, dengan konsentrasi pembinaan cabang olahraga tersebut, maka konsisten meraih medali bisa terjaga. 

“Apalagi sekarang sudah jelas ya, ada panduannya yakni desain besar olahraga nasional atau DBON. Saya kira jelas ya disitu ada cabang olahraga yang didorong dan fokus ke Olimpiade. Pembinaan olahraga didaerah harus didukung sport science. Saya harap kedepan tentu semakin merata pembinaan olahraga kita,” pungkas Menpora Amali.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN