Kemenpora: Potensi Atlet Papua Sangat Besar

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menilai Papua memiliki potensi atlet yang sangat besar. Sebab, banyak talenta lahir dari provinsi yang berjuluk “Bumi Cenderawasih” itu.

Kemenpora: Potensi Atlet Papua Sangat Besar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menilai Papua memiliki potensi atlet yang sangat besar. Sebab, banyak talenta lahir dari provinsi yang berjuluk “Bumi Cenderawasih” itu. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menilai Papua memiliki potensi atlet yang sangat besar. Sebab, banyak talenta lahir dari provinsi yang berjuluk “Bumi Cenderawasih” itu. 

“Potensi atlet Papua ini sangat besar sekali. Apalagi ditambah dengan fasilitas olahraga yang bagus, bahkan berstandar internasional,” kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat menjadi narasumber dalam acara Ngopi Bareng di Monpers secara virtual dari Jakarta, Jumat (8/10). 

Daerah timur Indonesia ini sudah terbukti melahirkan banyak atlet berbakat, diantaranya Nesthy Stella Iriana Pedai, Lisa Rumbewas, Franklin Ramses Burumi, hingga Boaz Solossa. 

Dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, setidaknya Papua sudah mengoleksi 53 medali emas dan duduk diperingkat keempat dalam klasemen sementara per hari ini. Hal tersebut menegaskan bahwa Papua tak kalah dengan provinsi lainnya dalam melahirkan atlet yang berbakat. 

“PON Papua ini saya kira menjadi ajang yang sangat baik untuk atlet muda mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Dan kita pun berharap tidak kekurangan atlet untuk masa depan,” ujar Sesmenpora. 

Dengan fasilitas olahraga berstandar internasional setelah menjadi tuan rumah PON, Papua dinilai sangat layak untuk dijadikan salah satu sentral pembinaan atlet. 

“Apalagi sekarang ini kita sudah memiliki desain besar olahraga nasional atau DBON, saya harap Papua bisa berkembang lebih baik lagi dengan didukung fasilitas olahraga yang ada,” jelas Sesmenpora.

Lebih lanjut, Sesmenpora juga menilai PON menjadi momentum bagi masyarakat Papua untuk mendapatkan hiburan ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat disebutnya sangat antusias dengan berlangsung pesta olahraga terbesar skala nasional itu. 

“Kalau melihat pembukaan PON Papua itu, rasanya mau nangis dan bangga. Saat saya datang dan menuju stadion tempat pembukaan PON, masyarakat antre dan tertib. Mereka merindukan tontonan seperti itu. Ini menjadi hiburan yang luar biasa. Pembukaan PON Papua begitu sangat bagus dan indah,” terang Sesmenpora. 

Selain itu, Sesmenpora berharap perhelatan PON Papua bisa berjalan dengan lancar, aman, dan sukses. Arena pertandingan yang telah dibangun dengan megah itu, juga diharap dapat dirawat dengan baik. 

“Kita tentu berharap PON ini bisa berjalan dengan baik. Semuanya harus menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Dampak PON ini sangat luar biasa terhadap masyarakat Papua, dan kita berharap banyak atlet yang terus muncul melalui ajang ini,” pungkas Sesmenpora.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN