Menpora Amali Apresiasi Renang Gaya Dada 200 Meter PON XX Papua Catatkan Rekor di Tengah Pandemi

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainuddin Amali mengapresiasi atas keberhasilan para atlet yang memecahkan rekor di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Menpora Amali Apresiasi Renang Gaya Dada 200 Meter PON XX Papua Catatkan Rekor di Tengah Pandemi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainuddin Amali mengapresiasi atas keberhasilan para atlet yang memecahkan rekor di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. (foto: bagus/kemenpora.go.id)

Jayapura: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainuddin Amali mengapresiasi atas keberhasilan para atlet yang memecahkan rekor di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. 

Salah satu rekor yang tercipta pada PON XX Papua yakni renang gaya dada 200 meter putra diraih perenang DKI Jakarta, Gagarin Nathaniel Yus. Gagarin berhasil finish dengan catatan waktu 2 menit 17.81 detik, dalam babak final yang yang berlangsung di kolam Aquatik, kawasan Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10). 

Sebelumnya, dia  pemegang rekor nasional untuk nomor yang sama dengan catatan waktu 2 menit 15.36 detik. Selain itu, rekor lain juga tercipta pada nomor gaya dada 200 meter putri dipegang Ressa Kania Dewi dari Jawa Timur dengan catatan waktu 2 menit 33.97 detik. 

"Ini luar biasa semangat dari para atlet di tengah situasi pandemi tapi masih ada pemecahan rekor," kata Menpora Amali. 

Menurutnya, jika dalam situasi normal ada pemecahan rekor itu murupakan hal yang biasa. Namun saat ini di tengah situasi pandemi Covid-19 lalu ada pemecahan rekor tentunya menjadi hal yang luar biasa. "Masih ada pemecahan rekor saat situasi pandemi. Berarti keinginan atlet untuk berprestasi sangat luar biasa," tutur Menpora Amali.  

Untuk diketahui, selama masa pandemi Covid-19 kurang lebih dua tahun, aktivitas latihan oleh para atlet dibatasi. Agenda kejurnas bahkan ada yang ditiadakan. Tentunya berpengaruh pada persiapan atlet dalam menghadapi PON XX Papua. 

Menpora Amali berharap kepada Pemerintah Daerah dan PRSI dapat memanfaatkan fasilitas venue aquatik setelah PON dengan kegiatan Kejuaraan Nasional maupun regional. 

"Harus ada kegiatan, gelar event Kejurnas disini, sehingga fasilitas ini dimanfaatkan. Venue yang hebat ini bisa bermanfat untuk Papua. Terutama dapat mencetak talenta bakat yang luar biasa dari tanah ini," kata harap Menpora Amali.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN