Kemenpora Beri Penghargaan Bagi Para Pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021, Kamis (9/9) di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Kemenpora Beri Penghargaan Bagi Para Pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021 Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan kepada pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021, Kamis (9/9) di Hotel Grand Sahid, Jakarta.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta : Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan  kepada  pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021, Kamis (9/9) di Hotel Grand Sahid, Jakarta.  

Pada kompetisi ini  ada dua kategori utama yakni digital technology dan engineering. Masing-masing kategori dibagi lagi ke dalam 3 bidang yakni olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi.

Masing-masing pemenang mendapatkan  trofi dan piagam serta  hadiah berupa uang tunai. Juara I,II, dan III di masing-masing kategori akan menerima hadiah sebesar Rp 35 juta, Rp 25 juta, dan Rp 20 Juta.

Deputi  Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti mengatakan kompetisi nasional inovasi dan teknologi terapan olahraga dapat berjalan lancar dan sudah  menghasilkan apa yang menjadi harapan Kemenpora.  

Untuk itu, ia pun mengucapkan selamat kepada pemenang kompetisi tersebut. "Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021. Dan yang belum juara jangan patah semangat, ini hanya soal waktu saja. Jadi yang belum dapat kesempatan juara masih bisa mengikuti tahun depan," ucapnya.
 
"Kita berkomitmen bahwa kompetisi ini menjadi agenda tahunan Kemenpora. Karena apa yang mereka  hasilkan ini  adalah sebuah produk buatan anak bangsa. Oleh karena itu,  kita harus mendorong  produk-produk lokal khususnya industri olahraga untuk terus berkembang bahkan bisa  dikenal di luar negeri," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Chandra menyampaikan pesan Menpora Amali kepada  para  peserta untuk terus berkreativitas. "Saya menyampaikan pesan Pak Menteri untuk  terus berkreativitas dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan olahraga nasional, baik itu olahraga pendidikan, rekreasi maupun prestasi,' tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Tandiyo Rahayu terhitung sejak tanggal 26 Agustus hingga 8 September 2021 dewan juri telah melakukan penilaian atas semua karya yang terdaftar sebagai peserta kompetisi ini. 

"Perlu kami sampaikan pula bahwa peserta kompetisi kali ini memiliki latar belakang dan profesi yang sangat beragam dan  berasal dari berbagai perguruan tinggi, guru pendidikan jasmani, profesional dalam bidang keolahragaan dan ada pula yang berasal dari sektor swasta,' ucapnya.

Menurutnya,   kompetisi adalah kegiatan yang sangat strategis untuk membangkitkan potensi kreatif dan inovatif dalam karya di bidang olahraga. 'Bilamana sektor kreatif inovatif ini memperoleh akses yang tepat untuk bisa muncul dan dikenali melalui ajang kompetisi nasional semacam ini maka  niscaya semua akan dapat ikut berperan mengisi dan memberi kontribusi yang signifikan dalam implementasi Desain Besar Oahraga Nasional," ucapnya.

Oleh sebab itu, iapun  berharap  kompetisi semacam ini dapat menjadi agenda rutin yang diselenggarakan tiap tahun. "Saya berharap kompetisi ini bisa menjadi agenda rutin Kemenpora. Dan Kemenpora dapat menjembatani bagi para juara  untuk mengakses pemilik modal dan dunia industri agar bisa mengembangkan produknya," katanya.(rep)


Berikut para pemenang Kompetisi
Nasional Inovasi dan Teknologi Terapan Olahraga Tahun 2021

 A. Kategori Digital Technology

Bidang Olahraga Pendidikan.
1. Juara Pertama,  Endy Safadilla, Rahma Rosaliana Saraswati dan Novan Yonatan Seilatu dengan produk Sportif (Sport Information).  
2. Juara Kedua,  Silvy Zuditya dengan produk MODDI Interaktif. 
3. Juara Ketiga,  Muhamad Syamsul Taufik dengan produk SMILMO APP 

Bidang Olahraga Prestasi 
1. Juara Pertama, Andry Akhiruyanto dengan produk Sprint A. 
2. Juara Kedua, Ranu Baskoro  Aji Putra, Eko Riyanto dengan produk Deteksi Posture Pesenam Artistik menggunakan Image Analisis dan Sensor
3. Juara Ketiga, Abi Fajar Fathoni dengan produk Sport Human Connection 

B. Kategori Engineering

Bidang Olahraga Pendidikan 
1. Juara Pertama, Ebta Heri Susanto, Hernowo dan Anam Syaifuddin dengan produk HEA PEDOMETER 
2.  Juara Kedua, Deni Alfiyansyah  dan Tedy Friyadi dengan produk VUMP Vertical Jump Measurement Portable 
3. Juara Ketiga, Wahyu Gamma, Candra Prabangkara Juli Candra dengan produk Gene GeCe (Gerak Cepat). 

Bidang Olahraga Prestasi 
1. Juara Pertama, Burhan Basyiruddin, Riski Ariski dan  Saffiena Zuhri dengan produk Alat Pelontar Bola Sepaktakraw. 
2. Juara Kedua, Mochamad Purnomo, Muh Syariffuddien Zuhri dan  Wahyu Dewi Kurniawan dengan produk Smart Footwork Badminton Trainer.
3. Juara Ketiga, Muhammad Nur Rifqi dengan produk Samsak Reaksi Berbasis Flip Flop Acak

Bidang Olahraga Rekreasi 
1. Juara Pertama, Haryadi, Gilang Dhanu Pamungkas  dan Viko Herdiva Saksono dengan produk Smart Field System 
2. Juara Kedua, Mury Kuswari dengan produk INAFITGO 
3. Juara Ketiga, Aliq Fairuzi Afiq dengan bidang PETRIMACO

BAGIKAN :
PELAYANAN