Buka Tarkam Kemenpora di Banjarnegara, Sesmenpora Harap Bisa Lahirkan Bibit Atlet Potensial

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terus menggelorakan kegiatan olahraga masyarakat di kampung-kampung sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menpora Dito Ariotedjo. Kegiatan olahraga masyarakat yang menjadi program unggulan Kemenpora adalah kejuaraan antar kampung (Tarkam).

Buka Tarkam Kemenpora di Banjarnegara, Sesmenpora Harap Bisa Lahirkan Bibit Atlet Potensial Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terus menggelorakan kegiatan olahraga masyarakat di kampung-kampung sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menpora Dito Ariotedjo. Kegiatan olahraga masyarakat yang menjadi program unggulan Kemenpora adalah kejuaraan antar kampung (Tarkam). (foto:dok/deputi3)

Banjarnegara: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terus menggelorakan kegiatan olahraga masyarakat di kampung-kampung sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menpora Dito Ariotedjo. Kegiatan olahraga masyarakat yang menjadi program unggulan Kemenpora adalah kejuaraan antar kampung (Tarkam). 

Hari Jumat (27/9) pagi, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gunawan Suswantoro membuka kegiatan Tarkam Kemenpora 
di Balai Budaya Banjarnegara, Jawa Tengah.  Pembukaan diawali dengan Senam Refleksi yang diprakarsai oleh Senam Tera Indonesia.

"Tarkam ini program yang diamanahkan dari Presiden Jokowi ke Mas Menpora saat pertama kali dilantik. Mengapa Tarkam? Karena Presiden ingin seluruh warga masyarakat Indonesia bugar. Kita memiliki penduduk 200 juta lebih, tetapi untuk menghantarkan atlet menuju kancah dunia masih sulit sekali," ujar Sesmenpora.

Gunawan juga berharap Tarkam ini kita bisa mendapatkan bibit-bibit atlet dari tingkat kecamatan yg bisa kita hantarkan ke kancah internasional dan dunia.

Tarkam di Banjarnegara mempertandingkan 4 cabang olahraga yaitu senam, atletik, bulu tangkis dan bola voli.

Pada gelaran Tarkam kali ini, olahraga senam menjadi cabang olahraga yang istimewa karena Kemenpora bekerjasama dengan Kemenkes  mensosialisasikan Senam SKJ 2022 dan Senam Kesehatan. Senam SKJ 2022 merupakan inovasi senam dari Kemenpora dan Senam Kesehatan dari Kemenkes.

Ketua Tim Kesehatan Olahraga Kemenkes RI
dr. Ari Setyaningrum, menyebutkan kelebihan olahraga senam. "Salah satu cabang olahraga yg dapat membugarkan masyarakat dan bisa membudayakan olahraga dengan mudah yaitu cabang olahraga senam.  Mengapa? Karena sangat mudah untuk kita mengumpulkan masyarakat untuk olahraga, untuk bergerak yaitu dengan senam," katanya.

Ari juga berpesan agar masyarakat tidak hanya berolahraga saat Tarkam saja. "Semoga kedepannya tidak hanya saat adanya kejuaraan Tarkam saja tapi semua kondisi dan situasi dimanapun dan kapanpun kita bisa olahraga, bergerak dan bugar," sambung Ari .

Turut hadir dalam acara Pembukaan Tarkam antara lain Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut usia Kemenkes RI, para Forkopimda, para Camat di 20 kecamatan dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Banjarnegara.(dn/tb)

BAGIKAN :
PELAYANAN