Kemenpora Launching Jurnal Pemuda Indonesia

Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mengambil inisiatif menyesuaikan tuntutan perkembangan sistem publikasi jurnal ilmiah yang berbasis online (online journal system).

Kemenpora Launching Jurnal Pemuda Indonesia Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mengambil inisiatif menyesuaikan tuntutan perkembangan sistem publikasi jurnal ilmiah yang berbasis online (online journal system).(foto:dok/deputi1)

Yogyakarta: Kemenpora melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda mengambil inisiatif menyesuaikan tuntutan perkembangan sistem publikasi jurnal ilmiah yang berbasis online (online journal system).

Inisiatif itu dengan melaunching Jurnal Pemuda Indonesia sekaligus Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yang diselenggarakan di Yogyakarta 24-26 September 2024.

Kegiatan itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan terhadap laman publikasi online jurnal yang semakin meningkat, dan animo para pemuda untuk melakukan penelitian secara resmi sebagai syarat dalam kelulusan berbagai jenjang pendidikan.

Kegiatan dan launching jurnal tersebut sekaligus menjalankan pasal 25 poin f Undang-undang 40 tahun 2009 yang mengamanatkan Kemenpora RI untuk melakukan pendampingan penyelenggaraan penelitian dan pendampingan kegiatan kepemudaan. 

Sekaligus menjalankan amanat perpres 43 tahun 2022 pasal 3 poin b mengamanatkan kepada Kemenpora dan stakeholder kepemudaan untuk melakukan kajian dan penelitian bersama tentang kepemudaan. 

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Asrorun Ni’am Sholeh menyampaikan bahwa penelitian dan publikasi hasil penelitian harus beriringan, pemuda sebagai pelaku penelitian juga bisa sebagai objek kajian yang bisa memberi kontribusi tidak hanya terhadap perkembangan kajian kepemudaan tapi juga terhadap akselerasi pembangunan kepemudaan yang berbasis hasil penelitian ilmiah.

“Sudah saatnya peran pemuda semakin ditunjukkan terutama dalam hal penelitian ilmiah, pemuda tidak boleh lagi sekedar objek kajian penelitian tapi saatnya mendominasi aktor sebagai peneliti itu sendiri” kata Ni’am. 

Sementara Asisten Deputi Bidang Potensi Kemandirian Pemuda Tri Winarno dalam laporannya menyampaikan bahwa, online journal sistem yang dilaunching ini bagian dari rangkaian pelatihan penelitian, kompetisi rancangan penelitian dan selanjutnya hasil penelitian para pemuda tersebut terpublikasi secara massif dan terbuka.

Mustadin Taggala selaku Managing Editor Jurnal Pemuda Indonesia menyampaikan bahwa saat ini laman Jurnal sudah bisa diakses melalui http://jpi.kemenpora.go.id. walapun beberapa bagian masih perlu untuk disempurnakan. 

“Kami ingin melibatkan seluruh unsur kepemudaan dalam membesarkan semangat penelitian dan juga membesarkan Jurnal Pemuda Indonesia ini, termasuk juga lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi kita ajak untuk sama-sama membesarkan Jurnal ini” tegas Mustadin.(dok)

BAGIKAN :
PELAYANAN