Menpora Dito Dampingi Presiden Jokowi Serahkan Bonus Apresiasi bagi Atlet Indonesia di Paralimpiade 2024 Paris

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus apresiasi bagi para atlet dan pelatih pada ajang Paralimpiade 2024 Paris di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/9).

Menpora Dito Dampingi Presiden Jokowi Serahkan Bonus Apresiasi bagi Atlet Indonesia di Paralimpiade 2024 Paris Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus apresiasi bagi para atlet dan pelatih pada ajang Paralimpiade 2024 Paris di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/9).(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus apresiasi bagi para atlet dan pelatih pada ajang Paralimpiade 2024 Paris di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (11/9). 

Presiden Jokowi mengaku bangga atas pencapaian tim Merah Putih yang berhasil meraih 14 medali dengan rincian satu emas, delapan perak, lima perunggu. Jumlah yang didapat ini merupakan sebuah sejarah baru.

“Saya gembira karena dalam ajang tersebut kontingen Merah Putih berhasil mencetak sejarah baru dengan membawa empat belas medali,” ujar Presiden Jokowi. 

Kepala Negara menjabarkan bonus yang telah disiapkan oleh pemerintah untuk para atlet yang berhasil menyabet medali. Diluar bonus tersebut, pemerintah juga memberikan apresiasi bonus lain. 

Adapun peraih medali emas mendapatkan Rp 6 miliar, perak Rp 2,75 miliar, dan perunggu Rp 1,65 miliar. Sedangkan atlet yang belum berhasil mendapatkan medali juga diberikan apresiasi bonus sebesar Rp 250 juta. 

“Termasuk kepada para pelatih dan asisten pelatih juga akan diberikan apresiasi atas dedikasi dan juga kerja kerasnya dalam melahirkan para juara,” terang Presiden Jokowi. 

Menurut Presiden Jokowi, keberhasilan Indonesia di kompetisi olahraga internasional untuk atlet penyandang disabilitas ini bukan didapat secara instan. Melainkan hasil dari kerja keras dan proses pembinaan.

“Keberhasilan ini buah dari proses yang panjang. Baik identifikasi bakat dini, pelatihan jangka panjang dan berkelanjutan serta kerja keras dari para pelatih, tim pendukung dan berbagai pihak lainnya,” jelas Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, kontingen Indonesia mencapai peringkat ke-50 klasemen akhir dalam Paralimpiade 2024 dengan meraih satu emas, delapan perak, dan lima perunggu. (jef)


Berikut Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali di Paralimpiade 2024:

Medali Emas
1. Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila (Para Badminton)


Medali Perak
1. Muhammad Bintang Herlangga (Boccia)

2. Muhammad Syafa/Felix Ardi Yudha/Gischa Zayana (Boccia)

3. Saptoyogo Purnomo (Para Atletik)

4. Karisma Evi Tiarani (Para Atletik)

5. Suryo Nugroho (Para Badminton)

6. Qonitah Ikhtiar Syakuroh (Para Badminton)

7. Leani Ratri Oktila (Para Badminton)

8. Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan (Para Badminton)


Medali Perunggu:
1. Muhamad Syafa (Boccia)

2. Gischa Zayana (Boccia)

3. Fredy Setiawan (Badminton)

4. Dheva Anrimusthi (Badminton)

5. Subhan/Rina Marlina (Badminton)

BAGIKAN :
PELAYANAN