Menpora Dito Terima Kunjungan Kedubes Australia, Bahas Peningkatan Kerja Sama Kepemudaan dan Keolahragaan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menerima kunjungan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia untuk Indonesia, Rabu (11/9) di Lantai 10 Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Senayan.

Menpora Dito Terima Kunjungan Kedubes Australia, Bahas Peningkatan Kerja Sama Kepemudaan dan Keolahragaan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menerima kunjungan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia untuk Indonesia, Rabu (11/9) di Lantai 10 Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Senayan.(foto:andre/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menerima kunjungan Kedutaan Besar (Kedubes) Australia untuk Indonesia, Rabu (11/9) di Lantai 10 Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda, Senayan.

Hadir mewakili Dubes Australia untuk Indonesia, Minister Counsellor Political Strategic Communications Adrian Lochrin beserta jajaran menemui Menpora Dito guna membahas peningkatan kerja sama antara kedua negara. Khususnya dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan yang menjadi fokus Kemenpora RI.

Board Chair Australia-Indonesia Institute Greg Fealy dari Kedubes Australia menuturkan, salah satu fokus kerja sama yang ingin dibahas terkait bidang kepemudaan adalah pertukaran pemuda antara kedua negara. 

“Kami mengharapkan adanya kerja sama yang produktif antara Australia dengan Kemenpora dalam pertukaran pelajar,” sebut Greg. 

Sementara dalam bidang keolahragaan, kerja sama yang diharapkan salah satunya perihal diplomasi olahraga antara kedua negara. Apalagi menurut Greg, Australia dan Indonesia dinilai memiliki koneksi dalam bidang olahraga.

“Misalnya pencak silat populer di Australia. Banyak warga Australia yang menekuni pencak silat, yang merupakan olahraga tradisional Indonesia,” ujar Greg.

Menpora Dito menyambut baik kunjungan Kedubes Australia terkait program-program kerja sama yang direncanakan. Menurut Menpora, program kerja sama antara kedua negara sangat beragam. Kemenpora dalam hal ini siap menjalin kerja sama dengan Australia.

Untuk pertukaran pemuda, diharapkan ke depan bisa lebih berfokus pada vokasional peningkatan kompetensi pesertanya. Sedangkan berkaitan dengan keolahragaan, sambung Menpora, Indonesia memang mengembangkan diplomasi antarnegara melalui olahraga. Diplomasi olahraga ini pun menjadi salah satu fokus Pemerintahan Indonesia yang akan datang.

“Pastinya kita menantikan tindak lanjut dari kerja sama ini ke depannya,” harap Menpora Dito. 

Hadir mendampingi Menpora Dito di antaranya Staf Khusus Bidang Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati dan Staf Khusus Bidang Hukum dan Kepatuhan Tata Kelola Alvin Saptamandra Suryohadiprojo. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN