Menpora Dito Harap PON XXI Aceh Sumut 2024 Bisa Sebagai Alat Pemersatu Bangsa dan Sarana Tingkatkan Prestasi Olahraga

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan menjadi sarana peningkatan prestasi olahraga nasional.

Menpora Dito Harap PON XXI Aceh Sumut 2024 Bisa Sebagai Alat Pemersatu Bangsa dan Sarana Tingkatkan Prestasi Olahraga Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan menjadi sarana peningkatan prestasi olahraga nasional. (foto:egan/kemenpora.go.id)

Banda Aceh: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024 bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan menjadi sarana peningkatan prestasi olahraga nasional. 

Hal itu disampaikan Menpora Dito saat memberikan sambutan pada acara pembukaan PON XXI Aceh Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9) malam. "PON ini saya harap dapat digunakan sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi sarana peningkatan prestasi olahraga nasional, tujuan besar dari hal tersebut untuk mewujudkan Indonesia yang sehat dan berprestasi hingga ke level dunia," ujar Menpora Dito. 

Menpora Dito juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bapak Presiden, yang telah berkenan hadir pada pembukaan PON XXI tahun 2024 di Banda Aceh yang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional ke-41 tahun 2024 dimana sejarah dihidupkan kembali karena HAORNAS adalah tanggal pembukaan PON pertama di Surakarta tahun 1948.

"Hal ini tidak terlepas dari keinginan Bapak Presiden yang selalu ingin mendukung perkembangan prestasi Olahraga Indonesia. Berbeda dari PON-PON sebelumnya, untuk pertama kalinya PON XXI  diadakan di dua Provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara," tambahnya.  

PON diharapkan dapat menjadi batu loncatan atlet-atlet muda berbakat sebelum melangkah ke tingkat selanjutnya. "Kami juga berharap pemberitaan mengenai PON bukan hanya mengangkat berita dari sisi menang-kalah, tetapi perlu menceritakan sisi-sisi yang lebih manusiawi, kisah-kisah perjuangan, persahabatan, dan harapan," katanya.  

"Karena olahraga pada hakekatnya juga melatih kita bertanding didalam kehidupan melalui displin, kerja keras, kerjasama dan sportifitas, sehingga membentuk pribadi yang siap menghadapi segala rintangan," ujarnya. 

"Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, saya mohon dukungan dan doa kepada Bapak Presiden agar PON kali ini dapat berjalan dengan lancar, sukses penyelenggaraan dan juga administrasi.
Kesuksesan kita menyelenggarakan ajang sebesar PON merupakan bukti kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah," tutupnya. 

Menpora Dito juga mengatakan Hari Olahraga Nasional dan PON XXI tahun ini mengambil tema “Ayo Olahraga,Bersatu Kita Juara” hal ini dimaksudkan melalui momentum HAORNAS dan PON XXI, masyarakat kita semakin gemar berolahraga sehingga meningkatkan kebugaran. (amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN